Pengertian dan Kegunaan Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang secara bahasa bermakna jaringan yang saling berhubungan Karena internet merupakan jaringan computer-kompter di seluruh dunia, sehingga internet merupakan jaringan global yang menghubungkan antara computer-kompter yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk mengatur jaringan yang begitu besar maka diperlukan suatu teknik mengatur suatu kesatuan jaringan yang di namakan protocol yang biasa disebut dengan TCP/IP ( Transfer Control Protokol/Internet Protokol ).

TCP digunakan untuk memantau semua koneksi agar berjalan dengan baik sesuai dengan yang di kehendaki, sedangkan IP berfungsi sebagai identitas dari computer agar dikenali pengguna computer lain saat transfer data dilakukan.

Komuputer yang terhubung dalam jaringan internet akan terhubung dengan jalur utama dari internet yang disebut dengan backbone dan setiap computer yang terhubung tersebut mempunyai alamat IP yang mempunyai nomor yang unik ( tak ada yang sama di dunia ini ).

Dengan menggunakan internet kita bisa mendapat bermacam - macam informasi mulai dari berita-berita terbaru maupun ilmu-ilmu yang sangat luas, walau masih banyak orang yang memandang sebelah mata dengan masalah internet ini dan masih banyak yang menjadikan internet ini sebagai alat untuk berbuat kej*h*t*n yang sering dikenal dengan cyb*rcr*m* seperti misalnya dalam p*nc*r*an dengan credit card menggunakan internet. 

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincanganInternet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti,IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP,HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia.

Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN MessengerWindows Live Messenger, Twitter,Facebook dan lain sebagainya.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM,CDDB, dan Gnutella.

Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terpercaya dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang.

Komentar

Postingan Populer