Cara Membuat Kaligrafi Efek Kilau Dengan Photoshop

Kembali lagi kita ingin membagikan sedikit tutorial mengenai photoshop. Adapun tutorial berikut ini saya akan posting ulang tutorial yang mungkin ini saya ambil di situs Grafisa  dan saya tambah kata - kata sedikit supaya jangan terlihat sama persis, tapi saya juga belum sempat mempraktekkannya. Kaligrafi adalah salah satu bentuk seni dalam tulisan, dan yang paling terkenal adalah menggunakan tulisan Arab. Pada tutorial photoshop ini kita akan membuat sebuah kaligafi dengan efek berkilau.

Bila sobat belum mengetahui cara membuat kaligrafi dengan photoshop bisa terlebih dahulu membaca artikel yang sudah saya tulis di dalam blog ini yaitu Cara Membuat Kaligrafi yang mungkin dapat membantu dalam hal membuat kaligrafi.

Sebelum memulai langkah-langkahnya telebih dahulu mungkin kita harus mempunyai Brush Kaligrafi bisa sobat downloads disini dan bila masih kurang bisa sobat cari di browsing sobat dengan kata kunci Brush Kaligrafi. Sesudah kita mempunyai brush kaligrafi baru kita akan mencoba memulai tutorilnya. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1
Pertama kita buat dokumen baru dahulu dengan cara memilih File > New, masukkan 1400 px sebagai tingginya dan 1200 px sebagai lebarnya. Untuk ukuran bisa kita atur sesuai keinginan dan ini sebagai contoh.

Langkah 2
Sekarang kita buat background untuk kaligrafi kita. Disini kita menggunakan warna merah dengan gradient yang terdiri dari 3 warna #410101, #980303, dan #cd3f00.

Langkah 3
Saatnya memilih kaligrafi yang akan kita gunakan. Kita bisa memilih kaligrafi yang sudah di download tadinya dan gunakan kaligrafi sesuai keinginan, bisa juga menggunakan yang lain. Buka gambar kaligrafi dengan photoshop, tekan Ctrl + A untuk menyeleksi semua bagian, tekan Ctrl + C untuk mengcopi, buka dokumen kita dan tekan Ctrl + V untuk mempaste, beri nama layernya kaligrafi. Kemudian tekan Ctrl+T dan atur ukuran serta posisi kaligrafi supaya pas pada tempatnya.

Langkah 4
Pada langkah ke empat ini kita akan menambahkan beberapa Layer Effect pada layer kaligrafi yaitu :
  • Drop Sahadow
  • Inner Sahadow 
  • Outer Glow 
  • Inner Glow 
  • Bevel end Emboss 
  • Color Overlay 
  • Satin 
  • Stroke
Untuk effectnya bisa disesuaikan sesuai keinginan. Kemudian ubah fill layer kaligrafi menjadi 17%.

Langkah 5
Sekarang kita akan memberi gradient dengan warna putih pada kaligrafi. Tekan Ctrl dan klik pada layer thumbnail kaligrafi untuk membuat seleksi berbentuk kaligrafi. Buat layer baru dan beri nama gradient, pilih Linear Gradient dari putih ke transparent dan tarik gradient dari kiri bawah ke kanan atas dalam keadaan masih ada seleksi berbentuk kaligrafi. Kemudian ubah Blending Mode layer baru ini menjadi Overlay. Dan kita akan bisa meihat hasilnya.

Langkah 6
Buat layer baru beri nama highlight. Lakukan seleksi seperti langkah sebelumnya pilih Linear Gradient dari putih ke transparant dan tarik gradient dari atas ke bawah.

Langkah 7
Dengan Elliptical Marquee Tool (atau tekan M) buat seleksi berbentuk elips kemudian kita klik Add Layer Mask pada bagian bawah layer palet dan kita ubah Opacity menjadi 40%.

Langkah 8
Sekarang kita tambahkan effect kilau pada kaligrafi tersebut. Caranya kita buat layer baru dan kita beri nama sparkle. Pastikan warna foreground putih #FFFFFF. Pilih Poligon Tool dan ubah settingannya sesuai keinginan kita, dan selanjutnya kita tambahkan beberapa kilau pada tepi-tepi kaligrafi.

Demikian langkah-langkah yang dapat kita bagikan pada postingan kali ini, dan kita bisa mengembangkannya lagi dan semoga membantu.

Komentar

Postingan Populer