Cara Membuat Text Efek Bayangan di Photoshop CS3

Photoshop merupakan aplikasi pengolah photo dengan berbagai fitur. Sekarang photoshop sudah banyak versi mulai dari yang kecil hingga versi besar. Dengan bertambahnya versi maka fiturnya pun juga bertambah dan mungkin adakalanya lebih mudah digunakan.

Dalam kita mengedit photo mungkin banyak hal yang bisa dipelajari mulai yang dasar hingga tingkat profesional. Sebuah contoh hal dasar pada photoshop yaitu memberi text pada photo dangan berbagai macam. Maka untuk memberi text pada photo dengan aplikasi photoshop harus mengetahui cara-caranya juga walaupun memberi text tersebut merupakan hal yang sangat mudah bagi yang sudah mengerti tetapi akan tetap sulit bagi yang belum mengerti.

Dalam mendesain sebuah hasil kreasi mungkin memerlukan seni mulai dari membuat efek text dengan berbagai macam hingga membuat gambar yang lebih menarik. Adapun misal dalam membuat efek text seperti membuat text dengan efek bayangan dan mungkin pada artikel ini saya akan menulis sedikit tutorial cara membuatnya walaupun ini merupakan dasar dari tutorial photoshop tapi saya menulis karena mungkin saya hanya pemula dan ingin belajar dari dasar yang juga saya tulis ini sambil belajar.

Adapun style text yang tersedia di windows memang tak semua ada sehingga bila kita ingin membuat text itu mungkin yang tersedia di windows tidak seperti keinginan kita maka berbagai macam text bisa kita cari di internet dan langsung bisa kita downloadsnya seperti style yang sudah download dan saya update kembali di dalam blog ini. Text yang sudah saya update di dalam blog ini bisa dilihat disini walaupun masih sedikit yang saya update dan font alhambra bisa download disini dan untuk lebih banyak bisa langsung dicari dibrowser sobat.!

Tapi kita tau membuat text itu sangat banyak yang bisa kita gunakan efek - efeknya seperti salah satu contoh yang sudah saya tulis di dalam artikel Membuat Text Efek Transparan dan itu merupakan hasil yang sudah saya coba praktekkan mungkin sobat ingin mengetahui caranya bisa diklik di link yang ada di atas tersebut.

Adapun langkah - langkah untuk menulis text atau menambah text pada photoshop adalah sebagai berikut :
1. Buka aplikasi photosop
2. Buat canvas
3.  Duplikat layer yaitu dengan cara klik Ctrl + J
4.  Warnai background, boleh dengan Paint Bucket Tool ataupun dengan Gradient Tool
5.  Ketik text bebas dan duplikat text tersebut dengan cara klik Ctrl + J ( download fonts di sini dan cara menambahnya bisa dibaca di sini
6.  Kemudian pilih Edit >> Transform >> Flip Vertical
7.  Pilih Layer >> Layer Mask >> Reveal All dan pada Toolbox pilih Gardient Tool
8. Selanjutnya letak kursor pada text di bawah dan tekan Shift bawakan kursor ke atas jangan dilepas sehingga melewati text kemudian baru dilepas maka text akan terlihat seperti bayangan pada gambar berikut

Itulah sedikit tutorial mengenai Cara Membuat Text Efek Bayangan, karena saya menulis ini sambil belajar mungkin kalau ada waktu saya akan belajar lagi dan mungkin akan saya tulis di dalam blog ini karena dalam belajar desain banyak sekali tutorialnya apa lagi kita mengembangkannya maka akan menambah lagi tutorialnya.

--> Baca juga artikel lain yang ada di dalam blog saya ini Cara Membuat Kaligrafi Pada Photoshop CS3 mungkin sobat ada yang suka kaligrafi maka harapan dapat membantu.
Demikian artikel kali ini yang dapat saya tulis pada kesempatan ini mudah - mudahan bisa membantu.

Komentar

  1. sangat membantu sekali tutorialnya

    BalasHapus
  2. Efek yang ditambahkan sebuah teks memang bertambah cantik tampilannya..Pelajaran yang sanga berharga pada artikel ini..

    Trima kasih gan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer