Kerajinan Tangan dari Plastik Deterjen dan Pelepah Pinang

Kerajinan tangan merupakan sebuah hasil karya tangan dari seseorang yang mempunyai kreatifitas. Orang yang kreatif banyak menghasilkan karya-karya sendiri baik itu karya yang sederhana maupun karya yang berkualitas mewah.

Banyak kerajinan tangan yang bisa kita coba yang mungkin dengan kerajinan tangan tersebut kita bisa membuka usaha sendiri. Sekarang ini banyak artikel-artikel yang bisa kita baca diinternet tentang kerajinan tangan dan ada juga cara-cara untuk membuat berbagai macam kerajinan sehingga membantu kita dalam membuat sebuah kerajinan.

Berikut ini kita akan menulis sedikit cara membuat kerajinan tangan yang saya temukan diinternet. Ada 2 contoh kerajinan yang bisa kita tulis di bawah ini yaitu kerajinan dompet dari plastik deterjen dan kerajinan dari pelepah pinang.

1. KERAJINAN BAHAN LUNAK DOMPET DARI PLASTIK DETERJEN
A. Latar Belakang
Plastik merupakan salah satu yang paling banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar. Plastik yang dibuang itu bermacam-macam jenis seperti pembungkus snack, alat-alat kosmetik, permen,deterjen dan lain-lain. Pembuangan plastik dengan sangat banyak akan menyebabkan banyak hal negatif bagi alam sekitar karena plastik terbuat dari bahan anorganik sehingga sangat sulit untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.

Maka dengan demikian untuk mengurangi plastik yang terbuang sia-sia ada sebagian orang mengambilnya dan mendaur ulang plastik tersebut untuk dijadikan bahan kerajinan tangan. Salah satu kerajinan tangan adalah dengan cara membuat dompet, tas, payung dan lain-lain. Selain mengurangi sampah yang terbuang juga dengan mendaur ulang sampah plastik akan menghasilkan uang.

B. Alat dan Bahan
Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan :
  1. Siapkan kemasan deterjen molto
  2. Jarum jahit tangan
  3. Benang
  4. Resleting
  5. Pemotong/gunting
  6. Rol
  7. Lem
C. Produk/Cara Kerja
  1. Potong bawah kemasan deterjen molto tersebut, kemudian sisi kanan dan kirinya sehingga menjadi 2 (dua) lembar potongan kemasan
  2. Siapkan resleting, ukur panjang dompet kemudian resletingnya
  3. Pada masing-masing sisi kanan dan kiri resleting lebihkan 1,5 cm
  4. Buka gigi resletingnya (jika pakai resleting meteran), untuk memasang kepala resleting
  5. Jahit kedua ujung resleting agar kepala resleting yang sudah terpasang tidak mudah lepas
  6. Letakkan resleting dengan posisi terbalik pada sisi panjang salah satu lembaran kemasan, resleting ini akan kita jahit
  7. Sebelum dijahit, agar resleting tidak bergeser beri sedikit lem atau kalau sudah niat tidak dijahit lem saja secara merata
  8. Sesudah dilem tunggu sampai kering
  9. Balik resletingnya tekan dan haluskan sisi lipatan dengan gagang gunting
  10. Siapkan lembaran yang satu lagi dan lakukan hal yang sama dengan mengelem sisi panjang resleting lainnya
  11. Jahit sisi-sisinya dengan cara dibalik dahulu bagian dalamnya
  12. Jika dibagian bawah dompet ingin berefek persegi maka jahit kedua ujung bawah dompet
  13. Kalau sudah dijahit maka balik kemasannya
  14. Dompet sudah jadi dan siap untuk digunakan atau pun sudah bisa dijual

2. KERAJINAN DARI PELEPAH PINANG
A. Latar Belakang
Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata ' kerajinan' berasal dari kata 'rajin' yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu.

Nilai - nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan adalah memiliki kecakapan, keahlian, penguasaan dalam proses pembuatan produk, dan kreatifitas/imajinasi. Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
  1. Kerajinan bahan alam,  merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat alam, pelepah, bambu, rotan dan lain-lain.
  2. Kerajinan bahan buatan, merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik, gips, sabun, lilin dan lain lain.
Salah satu kerajinan bahan alam yaitu kerajinan yang dibuat dari pelepah pinang. Bahan ini memang mudah didapatkan karena modalpun tak harus banyak dikeluarkan untuk mendapatkannya.

B. Sudut Pandang Lingkungan
Kerajinan menggunakan bahan-bahan alam bagi seorang pengrajin merupakan hal yang sangat ekonomis karena bahan-bahannya mudah didapat tanpa harus bermodal yang banyak. Kadang kalanya dengan adanya pengrajin yang menggunkan bahan-bahan alam seperti pelepah pinang maka tidak ada bahan-bahan yang sia-sia dan sudah bisa diambil manfaat.

Bahan-bahan yang digunakan oleh seorang pengrajin pun bisa menjaga lingkungan seperti mengurangi sampah, bahkan bisa juga menghasilkan uang yaitu dengan menjual hasil kerajinannya.

C. Fungsi dan Kebutuhan Kerajinan Pelepah Pinang Tersebut
Kerajinan pelepah pinang mempunyai beberapa fungsi dan kebutuhan antara lain sebagai berikut :
  1. Untuk menambah peluang usaha bagi para pengrajin
  2. Menampilkan karya seni baru
  3. Untuk memanfaatkan bahan-bahan alam
  4. Meningkatkan keahlian dibidang kerajinan
  5. Mendapatkan penghasilan bagi pengrajin
D. Dipandang dari Segi Ekonomi Kerajinan Tersebut
Kerajinan pelepah pinang merupakan salah satu kerajinan yang tergolong ekonomis karena bahan-bahan yang dipakai merupakan bahan yang mudah didapatkan dan tidak memerlukan modal yang banyak untuk memulai kerajinan ini. Bagi masyarakat menengah ke bawah bisa memulai usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal besar hanya memerlukan keahlian.

E. Alat dan Bahan
  1. Pelepah pinang yang sudah dikeringkan
  2. Daun jagung yang sudah diwarnai
  3. Lem tembak dan gunting
  4. Botol bekas
F. Cara Kerja
  1. Pelepah pinang digunting dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 1 cm kemudian dianyam dengan motif tumpang tindih.
  2. Letakkan di bawah dasar botol kemudian lem. Lalu dianyam sampai ke permukaan botol.
  3. Selanjutnya kita hias botol yang sudah dianyam dengan motif tumpang tindih diatas dengan gambar bunga. Untuk hiasannya, kita ambil daun jagung yang sudah melalui proses pewarnaan. Daun jagung tersebut digunting berbentuk bunga kemudian ditempel dengan menggunakan lem.

    Komentar

    Postingan Populer