Membuat Peta Situs atau Sitemap pada Webmasters Tools

Tutorial blogger memang sangat banyak sekali bila orang mau menulisnya, baik itu untuk SEO blog, desain blog dan lain sebagainya. Sebagai salah satu contoh yaitu dalam membuat blog ada yang namanya Webmasters Tools. Adapun webmasters tools itu mempunyai banyak kegunaannya untuk sebuah blog atau situs.

Selain banyak kegunaannya webmasters tools mempunyai banyak hal yang bisa dilakukan misalnya kita bisa melihat link blog kita yang error sehingga kita bisa memperbaikinya karena dengan banyaknya link error pada sebuah blog akan berpengaruh pada index search engine.

Dengan adanya webmasters tools yang kita buat maka kita dapat menghapus link-link error tersebut yaitu dengan menggunakan webmasters tools tersebut. Cara menghindari link-link error pada blog kita dapat dilakukan adakala dengan menghapus atau dengan menandai sudah diperbaiki link tersebut.

Selain menghapus link error pada webmasters tools kita juga bisa menambah peta situs atau sitemap pada webmasters tools tersebut.

Bagi seorang blogger mungkin sudah pernah membaca mengenai peta situs dan sudah mengerti apa itu peta situ. Ada juga sebagian kita yang baru mulai membuat blog mungkin belum begitu mengerti apa itu peta situs. Maka kita akan menulis sedikit apa itu peta situs dan untuk apa peta situs itu.

Apa Itu Peta Situs ?
Peta situs atau sitemap merupakan file tempat kita mencantumkan laman situs atau blog kita untuk memberi tahu google dan mesin pencari yang lain mengenai konten yang ada dalam situs atau blog kita. Perayap mesin telusur misalnya googlebot akan membaca file tersebut untuk merayapi situs atau blog dengan lebih baik.

Tujuan membuat peta situs
Peta situs yang kita buat dapat mengirim metadata yang bermanfaat terkait dengan laman yang dicantumkan dalam peta situs tersebut. Metadata yaitu informasi tentang laman sebuah web atau situs, seperti informasi kapan laman situs terakhir diperbaharui dan informasi tentang perubahan sebuah laman. Selain itu kita juga dapat menggunakan peta situs tersebut untuk memberikan informasi tentang laman web kepada google tentang jenis artikel tertentu di sebuah laman seperti konten gambar dan video.

Adapun dengan menggunakan peta situs tidak ada jaminan untuk dirayapi dan diindek semua item pada peta situs kita. Karena algoritme yang rumit dalam menjadwalkan perayapan itu akan mempengaruhi proses google. Walaupun demikian situs kita akan ada keuntungan dengan kita membuat peta situs.

Setelah mengetahui sedikit tentang peta situs maka kita mencoba untuk menulis bagaimana cara membuatnya pada webmasters tools. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan :
  1. Masuk akun google kita seperti biasa
  2. Kita langsung menuju ke webmasters tools atau kita bisa klik link  berikut  https://www.google.com/webmasters/tools/home
  3. Pilih nama situs yang akan kita masukkan peta situs
  4. Disebelah kiri muncul beberapa menu maka pilih pada menu Perayapan >> Peta Situs
  5. Kemudian klik pada Tambahkan/Uji Peta Situs
  6. Tambahkan kode berikut /feeds/posts/default?max-results=400 dalam kolom yang disediakan
  7. Selanjutnya klik Kirim

Itulah sedikit cara bagaimana menambah peta situs pada webmasters tools. Caranya memang sangat mudah bagi blogger yang sudah mahir tetapi bagi blogger pemula mungkin masih belum mengetahui cara-cara seperti ini.

Demikian sedikit cara membuat peta situs atau sitemap untuk sebuah blog pada webmasters tools yang dapat kita tulis pada postingan kali ini. Anda dapat juga membaca artikel lainnya mengenai tutorial blog yang ada di dalam blog ini.

Komentar

Postingan Populer