Cara Mengganti Nama File Yang Banyak Dengan Mudah

File yang ada di dalam komputer atau laptop dan yang ada di flash dan lain-lain kadang kala kita memerlukan untuk mengubahnya. Perubahan itu mungkin karena nama file tersebut asal-asalan atau nama yang tersimpan secara otomatis seperti photo yang kita ambil dengan hp dan sebagainya.

Adapun dengan demikian maka kita ingin mengubahnya biar lebih rapi dan berurut. Maka kita harus mencari solusinya bagaimana untuk mengubah nama banyak file yang banyak biar cepat dalam mengubahnya. Jika file yang kita ubah namanya cuma satu file maka akan mudah bagi kita yaitu dengan mengklik kanan pada nama file tersebut dan klik Rename atau klik pada nama file tersebut lalu tinggal tulis saja namanya, akan tetapi bila file itu sangat banyak maka akan menghabiskan banyak waktu dalam mengubahnya.
Pada dasarnya windows juga menyediakan beberapa fitur tambahan yang dapat kita gunakan untuk mengubah nama file yang banyak dengan mudah atau mengubah sekaligus. Maka kali ini kita akan mencoba menulis beberapa cara yang dapat kita coba untuk mengubah nama file yang banyak yaitu :

1. Windows Explorer
Windows Explorer merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mengubah nama banyak file sekaligus dan fitur ini juga termasuk fitur yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Adapun caranya yaitu dengan cara blok semua file yang akan diubah kemudian klik kanan dan pilih Rename atau sesudah blok semua file tekan fn + f2, selanjutnya tulis nama file tersebut dan tekan Enter. Maka nama akan berubah secara otomatis.


2. Command Prompt
Command Prompt dapat mengubah nama file dengan perintah rename atau ren. Kita dapat menggunakan tanda * dan kita bisa memberi nama file dengan mudah walaupun file sangat banyak. Dengan Command Prompt kita dapat mengubah jenis atau format file misalnya photo kita menggunakan format jpg maka kita dapat mengubahnya menjadi format png sekaligus.

Adapun cara membuka Command Prompt yaitu tekan Shift dan klik kanan kemudian pilih Open command window here, maka akan terbuka jendela Command Prompt kemudian ketik ren *.jpg *.png atau sebaliknya.

Dua langkah tersebut merupakan langkah yang dapat memudahkan kita dalam mengubah nama banyak file yang juga terbilang sangat mudah. Mungkin selain dua cara di atas ada langkah-langkah lain yang bisa mengubah nama banyak file secara sekaligus tanpa harus mengubah satu per satu.

Komentar

Postingan Populer