Pesona Pariwisata Bahari Sabang di Aceh

Tempat Wisata Sabang
Keindahan alam merupakan salah satu penyebab tertariknya para wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat. Sabang salah satu tempat pariwisata menarik di Aceh karena keindahan alam yang ada di Pulau Sabang tersebut membuat para wisatawan terpesona. Sabang merupakan bagian dari negara Indonesia yang berada di ujung barat Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Aceh. Sabang terdiri dari lima pulau yaitu Pulau Weh, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Klah dan Pulau Seulako sehingga dengan memiliki pulau-pulau tersebut membuat Sabang memiliki keindahan alam yang begitu indah seperti keindahan yang ada di laut Sabang yang dikenal dengan Wisata Bahari. Pesona Pariwisata Bahari Sabang di Aceh memang begitu menakjubkan. Bagi warga Aceh tentunya sudah tidak asing lagi dengan keindahan yang dimiliki oleh Pulau Weh ini. Selain warga Aceh, wisata bahari yang ada di Pulo Sabang ini sudah terdengar namanya keseluruh Nusantara bahkan sudah ke dunia Internasional. Objek wisata yang indah dan menarik di pulau ini membuat para wisatawan terus melirik ke tempat ini.

Wisata bahari merupakan wisata yang tempatnya berada di sekitar laut. Wisata bahari banyak disukai oleh para wisatawan apalagi tempatnya yang menarik. Begitu juga para wisatawan yang menyukai diving dan snorkeling pastinya akan memilih wisata bahari tujuan utama. Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Sabang ini berasal dari berbagai daerah baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Seiring datangnya para wisatawan dari berbagai daerah ke tempat ini, maka di tempat ini disediakanlah fasiitas-fasilitas yang memadai seperti tempat penyedia makanan, tempat penginapan, alat-alat yang diperlukan untuk menikmati keindahan yang ada ditempat ini antara lain perahu untuk mengelilingi taman laut dan di tempat ini juga menyediakan alat-alat diving dan snorkeling untuk digunakan oleh para wisatawan yang ingin melakukan aktifitas diving dan snorkeling.

Pulau Weh yang merupakan paling luas di antara ke lima pulau yang ada di Sabang termasuk salah satu target para wisatawan baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Para wisatawan yang berkeliling dunia mungkin sudah pernah datang ke tempat wisata yang ada di Pulau nan indah ini. Pulau yang terbilang kecil ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan sehingga ada kemungkinan para wisatawan yang sudah pernah singgah di pulau ini untuk ingin datang kembali.

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau pun teman pada tahun 2016 ini, maka Anda bisa mencoba mengunjungi objek wisata yang ada di Sabang yang sudah banyak para wisatawan yang datang ke pulau ini. Adapun wisata bahari yang bisa dikunjungi ketika Anda sampai di Sabang antara lain yaitu :

1. Pantai Iboih
Pantai Iboih merupakan pantai yang memiliki keindahan laut yang begitu menarik untuk dinikmati. Jernihnya air yang ada di pantai ini membuat para wisatawan banyak yang memilih pantai ini sebagai tempat yang harus dikunjungi ketika singgah di Sabang. Diantara pantai-pantai yang ada di Pulau Weh ini Pantai Iboihlah yang paling banyak dikunjungi para wisatawan.

Pantai Iboih
Jernihnya Air Pantai Iboih
Gambar : Skyscanner.co.id
Adapun jarak pantai ini dengan pelabuhan Balohan hanya berkisar 50 KM. Untuk Anda yang ingin ke tempat wisata ini bisa dengan cara menyewa mobil atau motor. Sedangkan bagi Anda yang tidak suka mengendarai sendiri motor atau tidak bisa menyetir mobil sendiri Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju pantai ini. Sebelum sampai ke Pantai Iboih Anda sudah bisa menyaksikan keindahan alam Pulau Weh di dalam perjalanan.

Begitu juga dengan Anda yang suka diving dan snorkeling maka tempat ini sangat cocok untuk melakukan aktifitas tersebut. Akan tetapi bagi Anda yang tidak suka dengan diving dan snorkeling maka tak perlu khawatir karena Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi Pantai Iboih. Bila Anda pun tidak mau mengelilingi pantai dengan perahu Anda juga bisa memilih untuk bersantai di bawah pepohonan yang ada di tepi pantai tersebut.

2. Pulau Rubiah
Objek wisata menarik lainnya yaitu Pulau Rubiah yang terletak tidak jauh dengan Pantai Iboih hanya berkisar 350 meter. Keindahan bawah laut membuat Pulau Rubiah menjadi salah satu pilihan penting bagi para wisatawan. Bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini akan melihat berbagai macam keindahan terumbu karang seperti Karang Meja, Karang Tanduk, Karang Batik dan juga berbagai macam jenis ikan yang berwarna-warni berenang dengan bebas walaupun perairannya yang dangkal.

Pulau Rubiah
Keindahan Pulau Rubiah
Gambar : Gosumatra.com
Untuk Anda yang ingin menuju Pulau Rubiah bisa menyewa perahu yang sudah disediakan di Pantai Iboih. Adapun perahu yang digunakan ada sedikit berbeda dengan perahu tradisional nelayan biasa. Perbedaan tersebut berada pada bagian bawah perahu yaitu terdapat kotak kaca yang cukup bening (glass bottom boat). Dengan adanya kotak kaca tersebut para wisatawan bisa menikmati perairan taman laut dari atas perahu. Tetapi bagi Anda yang suka diving maupun snorkeling Anda tidak perlu menyewa perahu karena Anda bisa langsung melihat keindahan taman laut yang ada di Pulau Rubiah.

Airnya yang jernih di perairan Pulau Rubiah membuat sinar matahari dapat menembus hingga ke dasar laut. Hal inilah yang membuat para wisatawan dapat menyaksikan keindahan taman laut hingga kedalaman 10 - 15 meter. Pasir pantai yang lembut dan lingkungannya yang bersih membuat wisatawan merasakan kesegaran dari air laut yang berwarna biru kehijauan.

3. Pantai Sumur Tiga
Pasir putih yang bersinar membentang ditepi pantai dan gulungan ombak biru kehijauan merupakan ciri khas Pantai Sumur Tiga. Airnya yang jernih membuat pemandangan air laut begitu menawan. Mentari yang keluar di pagi hari dengan perlahan memancarkan warna merah yang indah. Seiring berjalannya waktu, sinar mentari pun semakin terang. Ombak yang begitu indah membuat mata ingin menatapnya terus.

Pantai Sumur Tiga
Indahnya Pantai Sumur Tiga
Gambar : Skyscanner.co.id
Bagi Anda yang ingin ke Pantai Sumur Tiga akan menyaksikan pasir yang lembut dan berwarna putih bersih. Hal ini akan membuat Anda yang mengunjungi Pantai Sumur Tiga ingin berjalan tanpa menggunakan alas kaki untuk menelusuri tepi pantai yang terbentang sejauh 2 KM. Dengan adanya sentuhan ombak yang dingin membuat perjalanan menyenangkan bagi Anda wisatawan.

Pemberian nama Pantai Sumur Tiga ini karena di pantai tersebut terdapat 3 buah sumur dengan air tawar. Sumur ini sudah ada puluhan tahun silam dan memiliki nilai sejarah bagi masyarakat sekitar tempat tersebut. Bagi Anda yang ingin membuktikan sumur itu memiliki air tawar bisa mengujungi Pantai Sumur Tiga tersebut.

4. Pantai Kasih
Pantai Kasih merupakan pantai yang mempunyai bebatuan dan pantainya pun tidak terlalu luas. Pohon kelapa yang ada disemenanjung pantai ini membuat pemandangan Pantai Kasih menjadi lebih menarik untuk dipandang. Jarak Pantai Kasih dengan pusat kota Sabang berkisar 2 KM. Pantai ini berdekatan dengan pemukiman warga setempat sehingga membuat pantai ramai ketika hari sudah mulai sore. Bila Anda ingin datang ke Pantai Kasih bisa datang disaat sore hari karena masyarakat setempat sering menikmati keindahan pantai ini sambil jalan-jalan sore. Begitu juga bagi Anda yang ingin melihat keindahan sunset atau matahari terbenam maka Anda bisa melihatnya di pantai ini.

Pantai Kasih
Pemandangan Pantai Kasih
Gambar : Skyscanner.co.id
Pantai Kasih juga meninggalkan benda-benda bersejarah seperti benteng-benteng dan meriam yang digunakan pada Perang Dunia ke II. Selain itu di tempat ini juga menyediakan area wisata kuliner dengan menyediakan masakan-masakan khas setempat. Begitu juga dengan penginapan yang telah disediakan untuk wisatawan yang ingin menginap disitu.

Itulah 4 tempat wisata bahari yang harus Anda kunjungi ketika sampai di Pulau Sabang untuk menikmati keindahan pemandangan yang dimiliki oleh tempat tersebut. Selain pantai tersebut ada juga Pantai Gapang, Pantai Tapak Gajah, Pantai Anoe Itam, Pantai Ujung Kareung, dan Pantai Pasir Putih. Keindahan yang dimiliki oleh Pulau Sabang ini tidak kalah dengan yang dimiliki oleh pulau - pulau lain baik itu yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia.

Baca juga : Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk

Visit Sabang

Bagi wisatawan Indonesia yang belum ke Pulau Sabang bisa dicoba sebelum memilih tempat wisata yang ada di luar Indonesia. Kenali dalu objek wisata dalam negeri yang ada di seluruh Nusantara mulai dari Sabang sampai Marauke.

Adapun bila Anda ingin singgah ke Sabang pada bulan April ini maka Anda dapat menyaksikan festival yang akan diadakan pada tanggal 26 - 30 April 2016 mendatang yaitu acara "SABANG MARINE FESTIVAL". Adapun even ini diselenggarakan untuk memperkenalkan keindahan wisata bahari yang dimiliki oleh Pulau Sabang ini pada dunia Internasional.

Pariwisata Aceh

Komentar

Postingan Populer