Cara Membuat Artikel Terbaru Berdasarkan Label di Blog

Cara Membuat Artikel Terbaru Berdasarkan Label di Blog -  Blog merupakan media internet tempat seseorang menulis tutorial, informasi, perjalanan seorang blogger dan berbagai macam lainnya. Dalam membuat blog tentunya banyak sekali tutorial yang bisa dipelajari. Bagi pemula mungkin dalam membuat sebuah blog lebih mengutamakan menulis terus dan memperindah tampilan blog. Namun bagi master - master lebih mengutamakan optimasi yaitu melakukan SEO terhadap sebuah blog atau situs mereka.

Berbicara dengan SEO ini sangat rumit bagi kita yang baru belajar membuat blog. Karena untuk belajar SEO banyak sekali tutorial - tutorial yang perlu dipelajari. Namun bagi master mereka sudah begitu paham dengan yang namanya SEO, mereka tidak terlalu sulit lagi dalam mengoptimalkan sebuah blog atau situs yang mereka keloloa.

Adapun fungsi dari SEO itu sendiri yaitu membuat blog kita muncul di halaman search engine seperti search engine google, bing, yahoo dan sebagainya. Bahkan bila sudah benar - benar paham maka blog mereka sudah berada diperingkat pertama dipencarian google. Untuk menampilkan situs web kita di halaman pertama google memang begitu sulit karena banyak sekali bloger yang juga ingin blog mereka muncul di halaman pertama google bahkan peringkat pertama.

Dengan membuat situs atau blog kita muncul di halaman pertama google maka akan ada kemungkinan blog kita memiliki banyak pengunjung. Kebanyakan pengunjung berasal dari search engine dan bila blog kita memuat artikel yang relevan dengan yang di cari oleh pengguna internet maka ada kemungkinan mereka betah dengan blog kita dan mereka ingin membuka artikel - artikel lain yang ada di dalam blog kita. Jika hal ini terjadi maka blog kita akan bertambah page view setiap hari dan terus meningkat pengunjungnya.

Salah satu cara meningkatkan page view yaitu kita bisa membuat artikel dengan pemberian label sehingga artikel yang terkait akan muncul bila artikel yang berkaitan di buka melalui search engine. Membuat navigasi merupakan salah satu blog kita menambahkan page view karena pengguna atau pengunjung dengan mudah menjelajahi isi halaman blog kita dengan mengklik menu navigasi.


Selain itu kita bisa membuat juga widget artikel populer pada sidebar blog kita guna untuk memberi tahu mana artikel yang populer di dalam blog kita. Begitu juga dengan kotak pencarian yang mungkin akan berguna juga untuk sebuah blog untuk meningkatkan page view halaman blog kita. Kita bisa juga menambah widget artikel terbaru guna untuk memberi tahu pengunjung tentang artikel yang baru saja di update.

Maka dalam tutorial ini kita ingin menulis sedikit cara untuk membuat widget artikel terbaru atau recent post berdasarkan label yang ada di dalam blog kita. Lansung saja kita menulis langkah - langkahnya :
Pertama kita sign in dulu akun blog kita, kemudian klik menu Tata Letak. Maka akan muncul area halaman blog kita dan sekarang kita klik pada Tambahkan Gadget, maka akan muncul jendela baru. Lalu pilih HTML/JavaScript dan masukkan kode berikut ini :
<script style="text/javascript">
var numposts = 10;
var standardstyling = true;
</script>
<script type='text/javascript'>function showrecentposts(json) {
for (var i = 0; i < numposts; i++) {
var entry = json.feed.entry[i];
var posttitle = entry.title.$t;
var posturl;
if (i == json.feed.entry.length) break;
for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
posturl = entry.link[k].href;
break;
}}
posttitle = posttitle.link(posturl);
if (standardstyling) document.write('<li>');
document.write(posttitle);}
if (standardstyling) document.write('</li>');}</script>
<script src="http://ra21atjeh.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Komputer?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=500"></script>

Langkah yang kedua yaitu menggantikan sedikit keterangan kode script di atas dan bisa diubah dengan kode warna merah yaitu jumlah postingan yang muncul berdasarkan label dan pada contoh ini kita menggunakan 10 maka artikel akan muncul 10 artikel terbaru. Untuk url yang berwarna biru silahkan diganti dengn alamat blog Anda. Sedangkan untuk label yaitu yang berwarna hijau silahkan diganti dengan label yang ada di dalam blog anda.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu menyimpan kode tersebut dengan cara klik Simpan. Namun sebelum disimpan terlebih dahulu memberi judul widget tersebut pada kolom judul dan kode tersebut jangan lupa di pastekan di kolom Konten. Setelah menyimpan kode script tersebut maka lihat kembali blog kita apa sudah tampil artikel terbaru atau tidak berfungsi script tersebut dan jika tidak berfungsi silahkan dicek kembali ada yang salah saat dipastekan atau bila benar - benar tidak berfungsi maka hapus kode tersebut.

Namun setelah dites pada blog ini script tersebut berfungsi dan telah diterapkan di dalam blog ini. Demikian saja tutorial kali ini mengenai cara membuat artikel terbaru atau recent post berdasarkan label yang ada di dalam blog kita.

Komentar

Postingan Populer