Apa Itu Prosesor Intel® Atom™ Inside serta Kelebihan dan Kekurangannya?

Prosesor Intel® Atom™ Inside
Prosesor Intel® Atom™ Inside serta Kelebihan dan Kekurangannya - Prosesor Intel® Atom™ Inside merupakan prosessor terkecil yang dibuat dengan transistor terkecil di dunia. Prosesor Intel® Atom™ secara keseluruhan dibuat dengan desain baru dan dibuat dengan konsumsi daya yang kecil serta biaya pembuataannya pun relatif murah. Sebagai prosessor terkecil dan termurah maka Prosesor Intel® Atom™ mendukung penggunaan Mobile Internet Devices (MIDs) terbaru dengan sebuah kategori baru untuk perangkat internet yaitu netbook.

Teknologi yang diberikan oleh Prosesor Intel® Atom™ merupakan teknologi canggih dan memiliki kemampuan pemrosesan dalam sebuah cip yang sangat tipis dan sangat ringan. Prosesor Intel® Atom™ cocok digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Prosesor Intel® Atom™ ini lebih hemat energi dan menggunakan lebih sedikit daya sehingga prosessor ini bisa digunakan selama berpergian dan ketika digunakan di server.

Adapun audio dan video yang bis bekerja selaras dengan teknologi terbaru termasuk pengambilan 3D serta grafis 1080 HD dan suara. Prosessor Intel Atom membuat semua panggilan atau video menjadi lebih jernih karena memiliki filter suara yang lebih baik.

Komputer internet prosessor ini di buat berdasarkan pada teknologi 45 nanometer (45nm) yang merupakan desain baru. Selain itu prosessor ini memiliki 47 juta transistor dalam sebuah cip dengan ukuran kurang dari 26mm² dan membuat prosessor ini sebagai prosessor Intel dengan ukuran terkecil dan kebutuhan daya listrik yang terkecil saat ini hingga membuat daya baterai menjadi lebih tahan lama.

Secanggih apapun teknologinya yang dibuat oleh manusia tentunya ada kelebihan dan juga tak luput dari kekurangan. Maka dari itu kita coba menulis beberapa kelebihan dan kekurangan Prosesor Intel® Atom™ Inside yang dikutip dari situs-situs yang ada di internet.

Kelebihan Prosesor Intel® Atom™ Inside

  1. Memiliki harga yang terjangkau bahkan versi desktop sudah termasuk satu paket dengan motherboard.
  2. Penggunaan daya relatif lebih rendah pada saat idle sehingga dapat menghematkan energi listrik.
  3. Beberapa versi dari prosessor ini sudah tidak menggunakan pendingin aktif lagi yaitu kipas angin hanya saja sudah menggunakan heatsink sehingga lebih nyaman dan tidak bising.
  4. Menggunakan perangkat baru sehingga dapat lebih mengefesienkan daya dengan performa yang lebik baik seperti yang digunakan oleh seluruh teknologi baterai hafnium-infused 45 nm high-k silicon yang baru.
  5. Memiliki performa yang lumayan bagus dan memiliki desain baru yang lebih efesien sehingga konsumsi daya pun lebih rendah hanya berkisar 1 - 2,5 waat saja.

Prosesor Intel® Atom™ Inside secara umum berdasarkan pada microarsitektur yang baru dibuat secara spesifik  untuk sasaran performa dan peggunaan daya yang rendah (low power) disaat menggunakan seluruh microarsitektur instruction set compatibility dari Prosesor Intel® Atom™. Begitu juga prosessor ini mendukung berbagai thread untuk performa dan peningkatan sistem yang lebih baik.

Kekurangan Prosesor Intel® Atom™ Inside

  1. Kinerjanya rendah sehingga aplikasi yang kualitasnya tinggi atau besar tidak dapat dijalankan pada prosessor ini.
  2. Tidak multicore pada versi lama namun sudah multicore pada versi terbaru.
  3. Hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja dan tidak cocok untuk gamer, video editing, desain grafis dan lain - lain.
  4. Prosessor ini akan memerlukan biaya yang relatif besar jika terjadi kerusakan karena motherboard dan prosessor terdapat dalam satu paket.
Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang.
Jangan lupa baca artikel terkait lainnya yaitu Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.
Dari uraian di atas kita sudah mengetahui sedikit tentang apa itu Prosesor Intel® Atom™ Inside dan juga kita sudah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari prosessor tersebut. Maka sampai disini postingan kali ini.

Komentar

Postingan Populer