Kenapa Blog Hilang dari Pencarian Google?

Pernahkah Anda sebagai blogger memiliki masalah suatu ketika saat kita mencari blog kita di search engine ternyata tidak ada hasil. Maksudnya blog kita hilang begitu saja namun pencarian akan muncul nama blog kita di url yang lain. namablogkita[dot]blogspot[dot]com tidak muncul di mesin pencarian misalnya pada halaman google.

Pengalaman ini sudah saya alami beberapa hari yang lalu. Sebelumnya statistik blog saya naik tidak biasanya dengan waktu yang singkat trafik melonjat sangat tinggi dan yang lebih aneh lagi pengunjungnya didominasi oleh negara Rusia.

Kenapa Blog Hilang dari Pencarian Google?

Nah, saya merasa ada yang tidak beres dan saya cari solusi di internet dengan browsing dan saya menemukan artikel yang membahas hal yang serupa yang saya alami saat itu. Dalam situs atau blog tersebut menuliskan penjelasan tentang pengalaman yang punya blog tersebut yaitu masalah kenaikan trafik yang begitu cepat dan dalam artikel tersebut kalau tidak salah pengujung blog tersebut berasal dari negara Rusia juga. Selain itu di dalam blog tersebut menulis penjelasan bahwa kemungkinan yang terjadi pada situsnya yaitu pengunjungnya yaitu robot.

Dari penjelasan di dalam blog yang saya temukan maka saya tidak memperdulikannya masalah kenaikan drastis pengunjung blog dalam waktu yang amak singkat dan dengan pengunjungnya di dominasi oleh negara tertentu.

Pada hari berikutnya saat membuka blog untuk review tampilan ternyata blog saya tidak bisa dibuka dan ada laman warning atau peringatan. Dalam peringatan tersebut menyebutkan bahwa blog saya berisi penipuan dan laman tersebut terlihat dengan warna merah dengan kata lain stop atau warning.

Tampilan ini hanya terjadi saat saya membuka blog dengan google chrome namun hal tersebut tidak terjadi saat membuka blog dengan mozilla. Mungkin google chrome merupakan salah satu bagian dari google maka goole chrome dilengkapi settingan aman sehingga jika ada situs yang ingin kita buka dan situs itu merupakan situs spam atau situs penipuan maka kita akan diberi tahu terlebih dahulu secara otomatis sehingga kita tidak dapat membuka situs tersebut.

Memang google chrome ada settingan untuk menjaga keamanan pengguna dari pada situs - situs berbahaya namun kita juga bisa mensettingnya supaya kita bisa membuka situs yang mendapat warning tersebut.

Hal ini terjadi pada blog saya mungkin karena sebelumnya saya mendaftar blog saya di situs - situs pengiklanan dan saya daftar untuk jadi publishing. Namun situs yang saya daftar banyak dalam beberapa hari tersebut dan scriptnya pun sudah saya pasang di dalam blog saya. Adapun iklan yang saya pasang yaitu iklan pop up dan iklan sidebar.

Mungkin karena itulah blog saya di blokir oleh google sehingga tidak muncul lagi di pencarian google. Kejadian ini terjadi beberapa hari hingga akhirnya saya mencari solusi di internet. Dalam mencari solusi ini saya tidak tau lagi bagimana caranya hingga menemukan forum webmaster dan saya ajukan pertanyaan dengan bahasa Indonesia dan juga versi bahasa Inggris translate. Jawaban saya temukan pada pertanyaan versi bahasa Inggris tidak pada pertanyaan versi bahasa Indonesia. Maka terpaksa harus buka translate lagi.

Dari jawaban itu saya kurang paham juga hingga akhirnya saya masuk pada link webmaster dan disitu ada langkah untuk memperbaiki situs yang sedang dalam masalah. Hingga akhirnya saya berhasil mengembalikan blog saya tampil disearch engine.

Maka dari pengalaman itu kita bisa berhati - hati memasang iklan di blog kita, karena ada iklan - iklan yang tidak disukai oleh google. Maka bila iklan yang tidak disukai oleh google kita pasang di blog kita tunggu saja kapan blog kita di blokir alias hilang dari pencarian google.

Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer