Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Menuntut ilmu merupakan salah satu kewajiban bagi manusia, sehingga dengan ilmu kita bisa membedakan mana yang baik dan mana perbuatan buruk. Belajar tidak harus memilih tempat yang jauh, akan tetapi untuk mendapatkan ilmu kita bisa belajar dengan orang yang terdekat bahkan dengan orang tua sendiri. Namun demikian, mempelajari banyak hal itu memerlukan guru yang memadai atau sudah lebih paham banyak pengetahuan dan itu mungkin tidak dimiliki oleh orang tua. Itulah yang membuat seseorang harus memilih kemana dia akan pergi untuk menuntut ilmu.

Berbicara dengan ilmu, disini kita harus benar-benar tau yang mana dengan ilmu tersebut dapat membawa kita kepada jalan kebaikan sehingga bisa diambil manfaat oleh diri sendiri dan untuk orang lain. Ilmu yang baik itu juga bisa kita ambil di sekolah mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Bagi para siswa yang sudah tamat belajar ditingkat sekolah maka bisa melanjutkan kuliah baik itu dalam negeri maupun di luar negeri. Saat ini sudah banyak universitas-universitas di negeri kita yang membuka peluang untuk belajar ilmu-ilmu yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang banyak. Salah satu contoh universitas yang ada di dalam negeri kita yaitu UNTAN (Universitas Tanjungpura).

Bersama UNTAN Membangun Negeri

UNTAN merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Universitas ini mempunyai sejarah yang panjang, bermula dari tahun 1959 hingga sampai 2018 masih bertahan dalam membina para mahasiswa untuk menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. 

Sejarah UNTAN
Pada tanggal 10 Maret 1959 merupakan pengukuhan Jajasan Perguruan Tinggi Daja Nasional yang berdasarkan Akte Notaris Nomor 13, Kantor Notaris (w.s) Achmad Mourtadha Pontianak. Selanjutnya tanggal 20 Mei 1959 didirikan Universitas Daya Nasional oleh para tokoh dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Masa itu universitas ini hanya ada 2 (dua) fakultas saja yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga dan masih berstatus swasta. Dua tahun kemudian yaitu tanggal 27 Mei 1961 terjadi perubahan nama dan anggaran dasar Jajasan Perguruan Tinggi Daja Nasional yang dikukuhkan berdasarkan Akte Notaris.

Universitas Tanjungpura

Memasuki tahun 1963 tepatnya tanggal 16 Mei, Universitas Daya Nasional dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 yang ditetapkan pada tanggal 20 Mei 1963. Seiring dengan perubahan tersebut, fakultas pun turut bertambah yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta terjadi perubahan nama dari Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Tanpa berselang lama, terjadi lagi perubahan nama UNEP menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 tahun 1965 tanggal 14 September. Pada tahun yang sama bertambah lagi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Universitas Tanjungpura (UNTAN) baru terjadi pergantian nama dari Universitas Dwikora pada tanggal 15 Agustus 1967 berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 tahun 1967. Adapun yang menjadi Rektor pada saat itu adalah Letkol CKH Muhammad Isja, SH. Pada bulan Januari 1969 merupakan pelaksanaan integrasi Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung Cabang Pontianak ke dalam UNTAN yang terdiri dari 2 fakultas. Kedua fakultas tersebut adalah Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kemudian pada tahun 1982 terjadi pengintegrasian Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang didasarkan dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 64 tahun 1982.

Tanggal 3 Desember 1985 UNTAN mendirikan Politeknik disertai dengan pembangunan Gedung Politeknik di atas lahan yang luasnya berkisar 6 Ha. Selanjutnya Politeknik UNTAN terjadi perubahan nama menjadi Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) pada tanggal 28 April 1997 dan dalam tahun yang sama dibukanya Program Diploma Tiga (D-3) Ilmu-ilmu Sosial tepatnya tanggal 26 Juni. Berikutnya kembali membuka Program Diploma Tiga yaitu Budidaya Tanaman Perkebunan pada Fakultas Pertanian UNTAN pada 1998 dan dilanjutkan dengan izin penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen (MM) UNTAN tanggal 24 Juni dengan konsentrasi pada Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran.

Selanjutnya pada 26 April 1999 SK Dirjen Dikti : Nomor 166/DIKTI/KEP/1999 tentang PS Teknologi Hasil Hutan; Nomor 167/DIKTI/KEP/1999 tentang PS Sosial Ekonomi Pertanian; Nomor 173/DIKTI/KEP/1999 tentang PS Budidaya Tanaman Perkebunan dan SK Dirjen Dikti Nomor 251/DIKTI/KEP/1999 tentang PS Ilmu Tanah pada 24 Mei.

Permulaan tahun 2000, UNTAN membuka Program Strata Dua (S2) Jurusan Ilmu-ilmu Sosial untuk 2 Program Studi : Ilmu Administrasi Negara dan Sosiologi tanggal 27 April. Kemudian dilanjutkan pembukaan Fakultas Kehutanan pada 22 Desember. Tidak lama kemudian, terjadi perubahan Biro UNTAN dari 2 menjadi 3 biro. Adapun ketiga biro tersebut adalah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) dan yang terakhir Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) jatuh pada tanggal 19 Juni 2001 serta Izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum (S2) tanggal 4 Juli. Pada 9 November, izin penyelenggaraan Program-program Studi Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika Jenjang Program Strata Satu (S1).

Tahun 2002 yaitu tanggal 17 Januari terjadi pembentukan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Persiapan). Baru dilanjutkan pengkatan Pejabat Pengelola Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada 21 Januari. Satu tahun kemudian tepatnya 30 Januari 2003 terbitnya izin penyelenggaraan Program-program Studi Pendidikan Biologi, Kimia dan Fisika untuk jenjang Program Sarjana (S1). Pelantikan Rektor UNTAN periode 2003-2007 pun dilakukan pada 1 Maret 2003 yang bertempat di Auditorium UNTAN. Izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) pun terlaksana pada tanggal 10 Mei 2005.

Berdasarkan uraian sejarah UNTAN yang sudah dibahas di atas, maka jelas sudah fukultas dan akademik yang sudah tersedia di Universitas Kalbar ini. Sejak berdirinya Perguruan Tinggi yang satu ini tentunya sudah banyak alumni-alumni terlahir dengan berbagai keahlian masing-masing. Harapan setiap orang khususnya anak negeri agar dengan pendidikan yang didapatkan dari berbagai universitas khususnya UNTAN dapat dimanfaatkan untuk membangun negeri.

Bagi para siswa yang baru lulus pun bisa mencoba menjadi bagian dari orang yang memberi manfaat bagi negeri bersama dengan melanjutkan pendidikannya di UNTAN. Jangan jadikan ilmu untuk merusak negeri dengan cara menipu rakyat dan sebagainya.

Peran UNTAN dalam Membangun Negeri
Pendidikan merupakan peran yang sangat penting dalam membangun karakter seseorang untuk menjadi lebih baik. Adanya pendidikan di dalam suatu tempat menjadi salah satu sarana untuk membangun tempat tersebut. Begitu pula di negeri kita ini, memerlukan pendidikan yang lebih bagus agar negeri ini menjadi aman dan sejahtera.

Universitas Tanjungpura hadir di negeri ini guna untuk dijadikan tempat pembelajaran bagi anak bangsa khususnya bagi warga Kalbar dan umumnya seluruh masyarakat yang ada di Nusantara. Sudah banyak lulusan dari UNTAN yang kini bisa memberi kontribusi untuk membangun negeri ini. Itu bisa kita lihat data seperti yang terlihat di bawah ini :

UNTAN Membangun Negeri

Saat ini UNTAN mempunyai lima puluh ribu lulusan lebih dari berbagai fakultas. Banyaknya mahasiswa dan mahasiswi yang lulus dari universitas tersebut semoga bisa menjadikan para pejuang dalam membela kebenaran dan membangun negeri ini dengan baik.

Fakultas-fakultas UNTAN 
Beberapa fakultas yang tersedia pada Universitas Tanjungpura adalah :
1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Teknik
5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
7. Fakultas Kehutanan
8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
9. Fakultas Kedokteran

Program Akademik UNTAN
Adapun program akademik UNTAN yaitu :
1. Program Diploma
2. Program Sarjana
3. Program Pascasarjana
    a. Program Profesi
    b. Program Doktor
4. Program Internasional

Sebenarnya masih banyak informasi yang bisa disampaikan mengenai UNTAN, namun karena keadaan maka saya sebagai penulis mengakhiri sampai disini. Bagi anda yang ingin mengetahui banyak info mengenai Universitas Tanjungpura bisa mengunjungi website UNTAN atau bisa langsung ke kampus.

Komentar

Postingan Populer