Cara Membuat Teks Efek Pelangi dengan Photoshop

Kita sebagai pengguna aplikasi photoshop tentunya mempunyai banyak tutorial yang mungkin bisa dipelajari mulai dari tahap dasar hingga tahap profesional. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit tutorial tapi tutorial kali ini merupakan hasil browsing yang saya temukan di situs ccbloglife dan saya menambah sedikit kata - kata untuk tidak sama persis dengan artikel aslinya. Walaupun demikian saya juga belum mempraktekkannya tapi saya mencoba untuk berbagi saja. Maka pada postingan kali ini saya akan membahas tutorial tentang membuat efek pelangi pada adobe photoshop cs3.

Untuk mengetahui dasar-dasar anda dapat membaca artikel mengenai Area Kerja Photoshop CS3 yang sudah saya tulis di dalam blog ini. Maka saya tidak membahasnya panjang lebar tapi saya ingin langsung menulis tutorialnya untuk menghematkan waktu dan berikut langsung langkah - langkahnya :

Pertama-tama kita harus membuat dokumen baru terlebih dahulu dengan cara  memilih File – New (Ctrl+N). 600 pixel  width, 350 pixel  height dengan background hitam untuk ukurannya bisa kita sesuaikan sesusai keinginan.

Sekarang, kita pilih Horizontal Type Tool (T) pada Toolbox dan kemudian buatlah tulisan “PELANGI” dengan font: Arial, size: 100pt. Letakkan ditengah-tengah layer background yang sudah dibuat tadinya.
Warnai huruf “P” dengan merah (#ed1c24), caranya: Klik tulisan “PELANGI” kemudian blok huruf “P”. Setelah itu, klik set the text color pada toolbar, dan pilih warnanya

Dengan cara yang sama seperti di atas, warnailah huruf lainnya dengan #fe6100, #fdfc01, #319c00, #0001cf, #1cedeb dan #cd31ff. Kalau semua huruf sudah kita warnai, selanjutnya kita klik Ctrl + Enter untuk keluar dari mode text (atau klik tanda rumput pada toolbar).
Sekarang kita pilih menu Select – Rasterize – Type

Lalu pilih menu Layer – New – Layer via copy (Ctrl+J) untuk mengandakan layer text (layer pelangi), maka akan terbentuk layer pelangi copy. Sekarang pilih layer di bawahnya kemudian pilih menu Filter – Blur – Montion Blur (angle 900 dan 100% distance)

Setelah melakukan beberapa tahap di atas maka sudah kelihatan sedikit lebih bagus. Kemudian kita beri efek kilau pada tulisan bagian atas agar terlihat lebih cool. Caranya yaitu kita pilih layer di atasnya (layer pelangi copy) kemudian pilih menu Select – Load Selection.
Pilih Elliptical Marque Tool pada Toolbox, tekan dan tahan Alt pada keyboard, kemudian buatlah seleksi.

Setelah itu kita membuat layer baru (Layer – New – Layer [Ctrl+Shif+N]) kemudian kita warnai hasil seleksi dengan Gradient Tool (white to tranfarent). Kemudian tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi

Langkah terakhir, buatlah tulisan dibawahnya, mau tulis apa saja terserah kesukaan anda. Gunakan font yang sama dengan size 18. Letakkan di bawah tulisan pelangi.
Kalau sudah, sekarang pilih menu Layer – Layer style – Gradient Overlay. Pilih warna Spectrum dan atur sesuai selera.

Kalau semua langkah di atas sudah kita lakukan berarti latihan kita sudah selesai dan lihat hasil akhirnya. Itulah sedikit tutorial photoshop dan kita bisa membaca artikel yang lainnya pada blog ini.
--> Baca juga artikel lainnya yang ada di dalam blog ini yaitu Cara Membuat Kaligrafi yang mungkin ada manfaatnya. Sekian sedikit tutorial yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini . Semoga sobat bisa mempraktekannya dengan baik ya. Wassalam...:)

Komentar

Postingan Populer