Area Kerja Adobe Photoshop CS3


Kembali pada kesempatan ini saya akan menulis sedikit mengenai photoshop. Photoshop memang sangat banyak digunakan oleh orang - orang yang suka mengedit - edit photo. Adapun selain photoshop masih banyak lagi aplikasi yang lain untuk mengedit photo seperti photoscape, coreldraw, dan sebagainya. Walaupun demikian photoshop juga merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan.

Selain aplikasi photoshop ini digunakan untuk mengedit photo bisa juga dijadikan untuk desain baik itu desain grafis maupun desain web. Fitur-fitur yang tersedia pada photoshop juga sangat banyak sehingga memudahkan kita untuk memakainya. Demikian juga bagi anda yang ingin membuat kaligrafi dengan Photoshop CS3 anda bisa juga membaca Cara Membuat Kaligrafi Pada Photoshop CS3.

Photoshop sekarang ini sudah banyak versi yang sudah tersedia mulai dari versi rendah sampai versi yang tinggi. Phoshop yang kita gunakan sekarang ini yaitu Photoshop CS3. Photoshop CS3 ini juga merupakan versi yang tidak terlalu rendah karena sebelum Phosohop CS3 di keluarkan sudah ada yang vesi lain.

Selain itu photoshop sekarang ini sudah memperbaharui versi yang lebih  tinggi. Akan tetapi fiturnya mungkin tidak jauh berbeda cuma ada penambahan sedikit untuk versi terbarunya. Photoshop CS3 ini juga didukung untuk pemakain pada note book. Hal ini sebagai pengalaman karena saat menginstal versi yang lebih tinggi tidak berjalan jadi harus menggunakan versi Photoshop CS3.

Maka dengan demikian kita mencoba menulis tutorial yang menyangkut dengan Photoshop CS3 karena tutorial kita tulis sambil belajar sedikit demi sedikit tentang photoshop. Adapun artikel ini saya ingin menulis sedikit tentang pengenalan bagian - bagian yang ada di dalam photoshop.

Secara garis besar area kerja Adobe Photoshop CS3 terdiri atas beberapa bagian seperti yang kita tulis berikut ini :
Toolbox merupakan palet yang berisi tombol – tombol perintah, seperti tombol untuk perintah untuk menyeleksi, memotong, menyunting, menulis, menggambar , menulis teks, dan berbagai fungsi lainnya.
 Baris Menu merupakan bagian yang berisi daftar menu perintah.
Baris Option merupakan bagian yang berisi daftar perintah tambahan yang isinya akan selalu berubah tergantung pada tombol perintah yang terpiih pada bagian Toolbox.
Canvas ( Jendea Dokumen ) merupakan file gambar kejra utama yang berisi gambar, objek atau teks yang sedang diolah.
Panel merupakan bagian yang terdiri dari beberapa palet.
Palet memuat beberapa perintah untuk memanipulasi dokumen.
Dalam Photoshop CS3, tombol panel telah dilengkapi dengan dua tombol pelengkap yaitu :
Tombol dan yang berfungsi untuk membuka dan menutup tampilan jendela panel.
Tombol menu panel yang berfungsi untuk menampilkan daftar menu dan isi dari daftar menu tersebut menyesuaikan dengan palet yang sedang aktif.
Saat bekerja dengan dokumen, kadang – kadang sobat membutuhan ruang kerja yang cukup luas. Gunakan salah satu perintah di bawah ini untuk memperluas ruang kerja photoshop :
Tekan Tab untuk menyembunyikan semua komponen kecuali jendea dokumen.
-  Tekan Shift + Tab untuk menyembunyikan semua komponen kecuali jendela dokumen dan toolbox.

Itulah sedikit mengenai pengenalan photoshop, yang mungkin menjadi dasar-dasar dalam mengembangkan desain baik itu desain grafis maupun desain web hanya dengan menggunakan aplikasi photoshop. Untuk membaca tutorial-tutorial yang menyangkut dengan photoshop kita bisa membuka halaman mengenai Tutorial Photoshop yang sudah tersedia di dalam blog ini.

Komentar

Postingan Populer