Cara Membuat Kaligrafi Efek Emas atau Gold Effect Pada Photoshop CS3

Cara Membuat Kaligrafi,Efek Emas,Gold Effect,Photoshop CS3
Pada kesempatan ini kembali saya ingin berbagi sambil belajar yaitu mengenai Tutorial Photoshop yang mungkin tutorial ini kurang lengkap tapi saya hanya ingin menulis karena mungkin kalau sudah mahir dalam belajar photoshop tutorial berikut tidak seperti ini dan akan lebih bagus atau mudah untuk dipahami. Seperti hal sebelumnya tutorial ini merupakan hasil yang saya temukan diinternet tetapi yang saya temukan merupakan text dan saya kembangkan dengan menggunakan kaligrafi.

Photoshop CS3 memang tidak mendukung bahasa Arab tetapi tutorial ini dengan menggunakan brush kaligrafi yang sudah siap pakai. Brush kaligrafi bisa dicari diinternet tetapi saya sudah menemukan dan sudah saya download kemudian saya simpan kembali diinternet. Adapun yang saya download terpisah - pisah jadi ukurannya pun kecil - kecil sedangkan yang saya bagikan ini merupakan hasil gabungan yang mungkin ukurannya sampai 20 Mb lebih, bila anda ingin memilikinya bisa didownload melalui blog ini, silahkan download Brush Kaligrafi.

Sesudah memiliki brush Kaligrafi maka untuk cara memakainya bisa dibaca pada postingan Cara Membuat Kaligrafi Pada Photoshop CS3 yang sudah saya bahas sebelumnya. Dengan anda membaca artikel tersebut mungkin sudah bisa anda pahami untuk tutorial sederhana berikut yang ingin saya tulis berdasar hasil kerja saya yang mungkin kurang lebih akan saya tulis langkah - langkahnya.

Berikut saya akan menulis sedikit langkah - langkahnya dalam membuat kaligrafi dengan menggunakan teknik efek emas ( gold effect ) yaitu :

1. Bukalah terlebih dahulu aplikasi photoshop yang anda miliki, saya disini menggunakan Photoshop CS3 dan bila anda memiki versi lebih tinggi lagi saya rasa tidak jauh berbeda cara - caranya
2. Buatlah canvas dan bila belum mengerti caranya bisa dibaca disini dan warnai tetapi sebelum mewarnainya terlebih dahulu duplikat layer atau dengan cara klik Ctrl + J, adapun pada tutorial ini mewarnai dengan menggunakan Paint Bucket Tool untuk caranya bisa dibaca artikel Cara Mewarnai Canvas Dengan Paint Bucket Tool Pada Photoshop CS3
3. Kemudian gunakan brush kaligrafi yang sudah ada dan sebelum menggunakannya terlebih dahulu membuat layer baru dengan cara tekan Ctrl + Shift + N
4. Warnai kaligrafi tersebut karena kaligrafi tersebut merupakan brush maka warnanya pun masih putih dengan cara klik Blending Options pada layer brush kaligrafi dan centang Color Overlay sesuaikan warnanya asalkan yang agak kekuning - kuningan dan saya disini memilih kode warna #fffc00
5. Centang pada Drop Shadow dan sesuaikan bisa dilihat pada gambar di bawah
6. Begitu juga centang pada Inner Shadow dan atur yang diperlukan
7. Kemudian centang juga Bevel and Emboss atur juga seperlunya
8. Centang lagi Stroke bisa disesuaikan seperti yang ada pada gambar di bawah dan setelah mengatur semua tinggal klik OK.

Setelah melakukan sedikit langkah - langkah di atas mungkin hampir selesai, hanya saja kita bisa menambahkan sedikit brush pendukung yaitu brush efek kilau. Adapun brush tersebut bisa dicari dibrowsing tapi kalau ada waktu saya akan update brush tersebut. Berilah brush tersebut diarea canvas tersebut gunakan seperlunya.

Demikianlah sedikit tulisan yang dapat saya bagikan untuk menambah artikel di dalam blog ini semoga dengan artikel ini saya bagikan ada manfaat buat saya sendiri sebagai penulis dan buat anda yang membacanya. Anda juga bisa membaca artikel - artikel lain yang ada di bawah postingan ini. Sekian dan wassalam.

Komentar

Postingan Populer