Cara Membuat Kotak Pencarian Kustom Google Pada Blog

Kotak pencarian atau search box sangat diperlukan untuk sebuah blog atau sebuah website. Banyak kita jumpai artikel - artikel yang membahas cara pembuatan search box, bermacam - macam gaya atau tampilan yang menarik dan bisa kita ubah - ubah tampilannya karena banyak script yang tersedia, sehingga kita dapat memilih yang bagus untuk website atau blog kita.

Selain dengan memakai search box yang berbagai macam - macam tampilan ada juga para blogger yang memakai search box atau kotak pencarian yang disediakan oleh google. Maka pada artikel ini saya akan membahas sedikit cara pembuatan kotak pencarian kustom google yang mungkin artikel ini saya tulis sambil saya mencoba praktekkan. Untuk tampilan yang akan tampil nantinya setelah selesai kita buat mungkin kurang lebih seperti kotak pencarian yang ada pada blog ini.

Dengan adanya search box mungkin para pengunjung blog atau website dapat dengan mudah menelusuri artikel - artikel lain yang ada di dalam situs kita. Maka peningkatan jumlah pageview pun kemungkinan akan bertambah karena pengunjung tidak harus mencari lagi pada halaman utama google yang kemungkinan artikel kita tidak muncul pada halaman pertama google.

--> Baca juga artikel Cara Membuat Blog Muncul Pada Pencarian Google Cepat Index Search Engine yang mungkin dapat membantu untuk membuat artikel kita muncul dimesin pencarian google.

Sebelum melakukan langkah - langkah berikut terlebih dahulu kita sudah mempunyai akun google dan bila belum punya silahkan dibuat dulu akunnya. Maka berikut ini akan saya tulis sedikit langkah - langkahnya :
1. Silahkan kunjungi link berikut https://www.google.com/cse/create/new
2. Isilah keterangan - keterangan berikut :
  • Pada situs yang akan ditelusuri isilah dengan alamat web atau blog anda
  • Pilih Bahasa
  • Beri nama pada nama mesin telusur sesuai keinginan anda
  • Klik buat
  • Setelah anda klik tombol buat maka akan ada pemberitahuan ataupun anda bisa mengedit tampilan agar sesuai dengan tampilan blog anda dengan cara mengklik Edit mesin telusur yang ada disamping kiri dan kemudian klik dapatkan kode, maka akan tampil berupa kode HTML kemudian copy kode tersebut dan pasang ke dalam blog atau web anda
kotak pencarian,search box google blog

3. Silahkah masuk ke Tata Letak blog dan tambahkan gadget
4. Drag dimana yang ingin ditampilkan dan terakhir klik simpan

Setelah melakukan langkah tersebut mungkin selesai sudah kita dalam membuat kotak pencarian atau search box dengan kustom google. Para pengujung pun bisa dengan mudah mendapatkan artikel yang ada di dalam blog kita. Tampilan search box dengan kustom google pun juga menarik karena bisa diedit warna - warnanya.

Tetapi bila anda belum mencoba memakai search box dengan kustom google dan masih suka dengan tampilan - tampilan search box yang lain bukan yang disediakan oleh google tidak apa - apa juga kalau tidak mengubahnya. Mungkin yang diperlukan hasilnya karena dengan memakai search box yang disediakan oleh para blogger akan lebih bagus tampilan blog atau website anda.

Demikian sedikit tutorial yang dapat saya tulis pada kesempatan ini, yang hanya sambil saya praktekkan.

Komentar

Postingan Populer