Cara Membuat Photo Warna Menjadi Hitam Putih Di Photoshop CS3

Ketika ingin belajar edit photo banyak hal yang dapat dipelajari misalnya ingin membuat photo yang berwarna menjadi photo hitam putih atau sebaliknya. Dalam hal membuat photo hitam - putih atau dari hitam - putih menjadi berwarna itu kita memerlukan yang namanya aplikasi yang bisa edit photo.

Adapun aplikasi untuk mengedit photo salah satunya yang populer adalah adobe photoshop. Dengan adanya aplikasi tersebut mungkin bagi yang mau edit berbagai macam photo akan memudahkannya.

Adobe Photoshop memang sudah banyak versi mulai versi yang kecil hingga versi terhitung besar, tetapi saya yang baru belajar ini masih menggunakan Photoshop CS3 walaupun masih banyak kekurangan tapi saya harus memakai yang versi rendah. Dibalik kekurangan mungkin masih ada kelebihan sehingga dengan kelebihan itu bisa menggunakan untuk melakukan praktek yang terbilang penting, seperti membuat photo hitam - putih.

Membuat photo hitam - putih sekarang masih diperlukan, misalnya untuk memakai diijazah siswa SD, SMP, SMA, bahkan ada Universitas yang menggunakan pas photo hitam - putih pada ijazah. Maka kita bisa mencoba membuat pas photo tersebut sendiri sambilan belajar yaitu dengan melakukan langkah - langkah berikut :

1. Kita terlebih dahulu membuka aplikasinya
2. Langkah selanjutnya adalah kita buka photo yang ingin kita membuat hitam - putih dan klik pada tanda panah yang saya tandai pada photo di bawah
3. Berikutnya yaitu klik Gradient Map tapi sebelumnya pastikan Foregroundnya berwarna hitam dan Backgroundnya berwarna putih dan dilanjutkan dengan tombol Ok
Mungkin dengan melakukan langkah - langkah di atas photo yang sebelumnya berwarna akan menjadi photo hitam - putih. Hasil akhir photo yang sebelumnya berwarna kini sudah menjadi photo hitam - putih, dan photo yang sudah saya edit seperti yang terlihat di bawah ini :

--> Baca juga artikel lainnya mengenai cara menghapus noda dengan pacth tool yang sebelumnya sudah saya tulis.
Cara kerja memang mudah bagi yang sudah mengerti tetapi agak susah bagi yang belum mengerti atau yang baru belajar. Saya kurang mengerti juga tetapi ingin belajar dan sambil belajar saya menulis ulang di dalam blog ini. Sekian artikel yang dapat saya tulis sambil belajar dan semoga ada manfaatnya, wassalam.

Komentar

Postingan Populer