Cara Membuat Tulisan Efek Transparan dengan Photoshop

Adobe photoshop CS3 memuat semua fitur yang ada pada photoshop CS2 jadi semua fitur yang ada pada photoshop versi sebelumnya tidak hilang. Photoshop CS3 sangat ideal bagi desainer, photografer, web designer, penyedia layanan cetak dan sebagainya.

Sebagai seorang desain tidak asing baginya sebuah aplikasi yang namanya photoshop karena photoshop banyak yang menggunakan dalam membuat sebuah desain grafis atau dalam mengedit photo. Dalam mendesain sebuah desain harus mengerti cara-cara yang bisa diterapkan pada sebuah desain seperti membuat background yang menarik, membuat efek, menulis text dengan efek dan sebagainya.

Membuat efek text sangat beragam itu tergantung kreasi seseorang, seperti membuat text dengan efek bayangan, efek 3d, efek transparan dan masih banyak lagi. Maka pada artikel kali ini kita akan menulis sedikit cara-cara untuk membuat efek text transparan.

Text transparan yaitu text yang dibuat akan mengikuti objeknya atau backgroundnya. Itu tergantung background yang kita pasang misalnya kalau kita memakai backgroud warna hitam maka text akan berwarna hitam begitu juga kalau kita ingin menggunakan backgroud desain kayu maka text akan seperti kayu.

Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk pembuatan text transparan :
  1. Buka aplikasi photoshop disini kita menggunakan photoshop cs3
  2. Pilih background sesuai selera
  3. Selanjutnya kita membuat text tulis apa saja untuk contoh
  4. Pada Palet Layer pilih layer text ubah Fill menjadi 0%
  5. Kemudian klik kanan pada layer text dan pilih Blending Options
  6. Selanjutnya muncul Layer Style klik pada Drop Shadow dan atur nilai-nilainya yaitu pada Opacity=100, Angle=90, Distance=5, dan Size=5
  7. Setelah itu klik lagi pada Bevel and Emboss dan atur nilai-nilainya juga dengan Depth=60 dan Size=3
  8. Klik OK dan lihat hasilnya (lihat gambar dibawah untuk lebih jelas)
Tulisan Efek Transparan dengan Photoshop


Dengan melakukan langkah-langkah di atas maka text akan berubah menjadi transparan. Selain membuat text transparan masih banyak efek-efek text lain yang bisa kita buat. Semua ide akan keluar bila kita ingin belajar.

Selain membuat text kita juga bisa mengembangkan desain kaligrafi dengan photoshop yang mungkin tutorialnya agak sama dengan mendesain text juga. Maka pada artikel kali ini sudahi sampai disini dulu mungkin kalau ada waktu kita lanjutkan dengan efek-efek yang lain.

Komentar

Postingan Populer