Cara Mengatasi Selang Infus Tinta Printer yang Masuk Angin

Sebagai pengguna printer mungkin sangat banyak pengalaman yang bisa dirasakan baik dari segi keuntungan adakala kerugian. Misalnya printer cannon pixma IP2770 berkedip lampu orange 8 kali sehingga membuat kita pusing untuk mengatasinya. Kalau kita baru saja menggunakan printer maka ada kemungkinan kita ingin membawanya ketempat servis dan kita pun harus mengeluarkan uang padahal adakala bisa kita lakukan dengan mudah.

Selain itu yang sering terjadi ketika kita menggunakan printer sudah terpasang infus yaitu selang infus berangin alias masuk angin. Penyebab terjadi hal tersebut bermacam-macam mungkin kita tidak menutup tempat isi tinta atau botol tinta ketika kita tidak menggunakannya dan sebagainya.

Masalah-masalah seperti ini sering terjadi bagi yang mempunyai printer sama halnya dengan kita yang mempunyai komputer banyak terjadi hal-hal yang membuat kita pusing. Seperti tiba-tiba layar komputer kita blank dan ada tulisan dikanan bawah Windows 7 Ultimate Build 7601 Not Genuine dan lain-lain.

Begitu juga halnya dengan menggunakan printer yang sudah ada infus mungkin ada kelebihan dan kekurangan. Berikut kita akan menulis kelebihan dan kekurangan menggunakan printer yang sudah dipasang infus.

Kelebihan printer sistem tinta infus
  1. Memudahkan kita dalam pengisian tinta karena tempat isi berada diluar printer sehingga tidak harus membuka catridge
  2. Menghematkan tinta karena bila kita menggunakan printer sistem infus tinta bisa diisi penuh sesuai ukuran tempatnya/tabung sedangkan dengan printer yang tidak menggunakan infus mungkin saat kita ingin mengisi catridgenya hanya kira-kira 10 ml.
  3. Mengetahui kondisi tinta ketika tinta tinggal sedikit
  4. Bisa digunakan untuk mencetak ribuan lembar kertas
  5. Kecil kemungkinan terjadi tumpah tinta
  6. Catridge akan lebih awet karena tidak sering dibuka
Kekurangan printer sistem tinta infus
  1. Hilang garansi resmi dari pihak produsen maka bila ada kerusakan nantinya kita tidak ada hak lagi meminta garansi
  2. Catridge mudah rusak kalau printer infus jarang dipakai karena tinta mengendap di selang atau print-head
  3. Harus menggunakan rutin dalam hal mencetak dan tidak bagus untuk mengeprint sedikit dengan jangka yang lama
  4. Bisa masuk udara ke dalam selang infus

Maka setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan printer sistem infus kita juga ingin mengetahui cara-cara yang dapat mengatasi kebiasaan yang terjadi pada printer sistem infus. Salah satunya yaitu selang infus printer terisi dengan udara sehingga tinta tidak bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini kita akan menulis sedikit mengenai cara untuk mengatasi printer sistem infus yang terisi dengan udara. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasinya yaitu :

Langkah pertama
  1. Hubungkan kabel printer dengan komputer kita
  2. Klik start dan pilih Devices and Printers
  3. Kemudian klik kanan pada printer yang aktif dan pilih Printing preferences atau Printer properties
  4. Pilih menu Perawatan atau Maintenance di kanan atas
  5. Klik pada Pembersihan Tingkat Dalam atau Deep Cleaning
  6. Silahkan pilih sesuai yang dialami bila cuma selang tinta hitam yang masuk udara pilih hitam dan jika kesemua masuk udara pilih semua warna
  7. Selanjutnya klik Laksanakan atau Execute dan tunggu hingga proses selesai
Mengatasi Selang Infus Tinta Printer yang Masuk Angin

Setelah selesai coba dicek apakah selang sudah normal jika belum lakukan lankah-langkah di atas beberapa kali lagi hingga selang sudah normal.

Langkah kedua
  1. Lepas ujung selang yang masuk udara pada catridge
  2. Buka penutup tempat isi tinta yang masuk undara
  3. Masukkan suntikan tanpa ada jarum ke tempat isi tinta atau botol tinta dan tekan suntikan untuk membuat tinta masuk keselang infus
  4. Setelah selang terisi penuh dengan tinta maka pasang kembali ujung selang ke catridge
  5. Lepas suntikan dan tutup kembali botol infus supaya tidak masuk angin lagi
Jika melakukan langkah yang kedua maka bisa kita menambah langkah yang pertama setelah langkah kedua selesai kita lakukan.

Baca juga :Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk

Demikian sedikit artikel yang dapat saya tulis dalam postingan kali ini mengenai cara mengatasi selang infus tinta printer yang masuk angin.

Komentar

Postingan Populer