Cara Mengetahui Ukuran RAM dan VGA Memory pada Komputer/Laptop

Sebagai pengguna komputer tidak asing baginya yang namanya RAM dan VGA Memory. Akan tetapi kita kurang tau bagaimana cara mengetahui ukuran RAM dan VGA Memory komputer kita. Padahal untuk mengetahui hal tersebut tidak terlalu sulit bagi yang sudah mengerti tetapi lain halnya dengan kita yang baru mempunyai komputer tidak tau begitu banyak tentang apa-apa yang ada pada diri komputer.

Salah satu contoh yaitu mengenai RAM dan VGA Memory. Maka pada artikel ini kita akan menulis sedikit tentang RAM dan VGA Memory dan bagaimana untuk mengetahui ukuran atau kapasitasnya.

1. RAM
Ram atau Random Access Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer/laptop yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawan dengan alat memori urut seperti tape magnetik, disk dan drum dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

RAM sangat berpengaruh untuk kecepatan sebuah komputer misalnya kalau kapasitas RAM sebuah komputer kecil maka akan menyebabkan lambatnya komputer. Begitu juga kalau kapasitas RAM besar maka komputer pun akan lancar untuk digunakan alias tidak mudah macet.

Maka berikut kita akan menulis cara mengetahui kapasitas RAM komputer atau laptop yang kita punya. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

Langkah pertama
  1. Buka Windows Explorer
  2. Klik kanan pada Computer selanjutnya klik Properties
  3. Maka akan muncul jendela baru yang menunjukkan kapasitas RAM komputer kita
Langkah kedua
  1. Klik Start atau dengan cara menekan tombol Windows + R
  2. Tulis dxdiag pada kolom pencarian lalu tekan enter
  3. Selanjutnya akan terbuka jendela yang menunjukkan detail sistem yang ada pada komputer/laptop kita
2. VGA Memory
VGA atau Video Graphics Array merupakan sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Adapun cara mengetahui kapasitas VGA Memory sama juga dengan cara mengetahui kapasitas RAM yaitu :
  1. Klik Start atau dengan cara menekan tombol Windows + R
  2. Tulis dxdiag pada kolom pencarian lalu tekan enter
  3. Pilih tab Display pada jendela yang muncul maka akan terlihat kapasitas VGA Memory komputer/laptop kita
Berikut gambar langkah-langkah mengetahui RAM dan VGA Memory :
RAM dan VGA Memory

Demikianlah cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui kapasitas RAM dan VGA Memory komputer kita. Selain itu kita juga dapat mengetahui bagaimana cara menonaktif windows auto update di wndows 7.

Komentar

Postingan Populer