Optimasi SEO Onpage Pada Blog dengan Mudah

Optimasi SEO Onpage Pada Blog merupakan hal yang sering dilakukan oleh para bloger atau yang mempunyai situs. Kegunaanya yaitu untuk membuat artikel muncul pada halaman pertama google ssehingga besar kemungkinan banyak pengunjung.

Semakin bagus dalam hal optimasi seo onpage semakin baik artikel dimesin pencari. Dalam optimasi seo onpage banyak cara yang bisa dilakukan walaupun agak susah bagi kita yang belum banyak tau. Sebagai pemula memang agak sulit dalam mengembangkan blog menjadi seo, lain halnya dengan para bloger yang sudah mahir dalam bidang seo. Mereka sudah banyak paham tentang seo jadi mereka tidak sulit lagi.

Seo Onpage merupakan faktor yang berpengaruh pada sebuah halaman blog atau situs dalam pencarian di mesin pencari atau search engine. Sehingga dengan mengoptimasi seo onpage blog akan muncul pada pencarian google. Contoh Seo Onpage pada blog yaitu meta tag, kode aktual HTML, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci.
Berikut ini kita akan menulis beberapa langkah yang bisa diterapkan diantara sekian banyak :

1. Optimasi Title Tag
Digunakan untuk meletakkan keyword, biasanya kata kunci yang digunakan diawal judul lebih baik daripada yang digunakan ditengah atau diakhir judul.
Sebagai contoh kita gunakan keyword "optimasi seo onpage", maka bisa dikembangkan menjadi:
1). Judul : optimasi seo onpage pada blog
2). Judul : Cara optimasi seo onpage pada blog
Maka dari kedua contoh tersebut yang 1 lebih baik daripada yang ke 2, karena keyword yang pertama digunakan pada awal judul sedangkan keyword yang ke 2 digunakan pada tengah judul.

2. Optimasi Meta Description
Gunakan meta description untuk menempatkan judul yang kita buat, Deskripsi juga penting dalam hal seo, para pembaca juga akan melihat judul yang bagus, Dalam hal ini seperti kita dapat menambahkan : terbaru, lengkap dan lain-lain.

3. Optimasi Menambah Gambar
Gambar merupakan salah satu hal yang bagus untuk dimasukkan dalam sebuah artikel karena dengan bantuan gambar mungkin pembaca akan mudah memahami artikel yang ada dalam blog kita. Menambah gambar juga merupakan salah satu cara optimasi seo tapi kita harus memberi atribut alt atau alt tag. Alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah halaman. Robot txt tidak dapat melihat gambar yang ada dalam artikel kecuali kita telah menggunakan alt tag pada gambar yang sudah kita masukkan ke dalam artikel kita.

4. Optimasi Link atau URL
Url atau link sebuah halaman berpengaruh juga dalam optimasi seo. Dalam sebuah halaman artikel terdapat sebuat url yang biasanya url itu terbentuk seseuai dengan judul artikel. Url halaman itu adakala panjang adakala pendek karena tergantung dengan judul sebuah artikel.
Dengan demikian, mungkin url yang pendek lebih bagus karena lebih mudah untuk diingat atau dimengerti oleh pembaca. Walaupun urlnya pendek tapi jelas.

5. Optimasi Internal Link
Internal link juga perlu diperhatikan dalam optimasi seo karena dengan banyak link internal akan berdampak positif untuk optimasi seo. Usahakan link tersebut relevan dengan artikel dalam halaman tersebut.
Mungkin dalam memberi internal link jangan juga terlalu banyak hanya kita beri saja 2 sampai 5 internal link dalam sebuah artikel.

6. Optimasi Eksternal Link
Selain internal link ada juga eksternal link yang juga berpengaruh dalam optimasi seo. Eksternal link yaitu link yang ditargetkan akan keluar dari blog kita dan akan menuju blog atau situs orang lain. Tetapi kita kadang kala tidak suka membuat eksternal link ke blog atau situs orang lain. Itu tergantung pada kita apa alasannya.

7. Optimasi SEO H1 Tag Untuk judul Artikel
Pastikan judul sebuah artikel kita menempati posisi tag H1, dan pastikan tag H1 hanya ada satu dalam template kita. Untuk mengetahui tag H1 dalam blog kita yaitu dengan cara buka sebuah artikel dan blok judul salah satu artikel yang ada dalam blog kita kemudian klik kanan dan pilih Inspect maka akan muncul h1 class... atau h2 class....

Dalam hal ini mungkin tidak terlalu susah, karena kalau kita menggunakan template seo friendly biasanya itu sudah disetting untuk judul postingan tag H1. Berbeda dengan template bawaan blogger yang tidak tersetting dengan tag H1 untuk judul postingan bahkan kadang untuk judul postingan pada template bawaan blogger berada pada tag H3. Maka kalau kita masih menggunakan template bawaan blogger maka harus dirubah dengan cara mengedit HTML.

8. Mengoptimalkan Kata Kunci
Dalam optimasi seo onpage kata kunci juga sangat penting, maka dalam menulis sebuah artikel kita boleh melakukan riset  kata kunci karena google sangat memperhatikan kepadatan kata kunci begitu juga dengan penempatan kata kunci.
Kepadatan kata kunci mungkin kurang baik juga kalau sering sekali diulang kata kunci dalam sebuah artikel karena bisa jadi nanti dianggap spammer oleh google.

9. Mengoptimalkan Kata Kunci Ekor Panjang
Mungkin kegunaan kata kunci ekor panjang yaitu apabila kata kunci utama tidak bisa menempati urutan pertama pada mesin pencari karena kata kuncinya terpopuler maka dengan ada kata kunci ekor panjang akan membantu artikel kita menduduki halaman pertama. Oleh karena kata kunci ekor panjang yang kita gunakan tidak banyak pesaing. Maka besar kemungkinan artikel kita menduduki halaman pertama di search engine. Contoh kata kunci ekor panjang : cara melakukan optimasi seo onpage yang berkualitas.

10. Menulis Artikel yang Berkualitas
Artikel berkualitas akan membantu blog atau situs kita menjadi lebih seo, maka besar kemungkinan artikel kita akan tampil dihalaman pertama dimesin pencari. Adapun artikel yang berkualitas yaitu adakala dengan cara menulis artikel sendiri bukan hanya hasil copy paste bisa dengan menulis artikel yang panjang tetapi jelas dan tidak membuat bosan pembaca.

Semakin bagus artikel yang ditulis maka semakin banyak pengunjung yang datang karena dengan menulis artikel yang bagus isinya pembaca  tidak sulit untuk mengerti artikel tersebut.
Demikian beberapa langkah yang dapat saya tulis dalam artikel ini mengenai optimasi seo onpage pada blog atau situs.

Baca juga :Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk

Komentar

Postingan Populer