Cara Membuat Border di Word

Sebagai pengguna komputer sekarang ini sudah tidak asing lagi yang namanya Microsoft Office Word. Karena hampir semua komputer yang kita pakek atau baru kita beli sudah ada yang nama Microsoft Office.

Microsoft Office Word atau MS Word merupakan aplikasi untuk membuat sebuah dokumen baik itu surat, makalah dan sebagainya. Versi MS Word sekarang sudah tersedia beberapa versi seperti versi MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Kita sebagai pengguna kadang belum mengetahui semua tentang pengaturan-pengaturan atau fasilitas-fasilitas yang ada dalam aplikasi tersebut.

Untuk membuat sebuah dokumen misalnya kita ingin membuat makalah maka kita biasanya akan membuat yang namanya cover. Cover yang dibuat biasanya dihiasi dengan adanya bingkai untuk membuat cover terlihat bagus. Dalam membuat bingkai di MS Word kita juga harus mengetahui bagaimana caranya karena tools yang ada pada MS Word juga sangat banyak. Bila kita tidak tahu caranya maka kita tidak berhasil membuat bingkai atau border untuk cover pada MS Word.

Kali ini kita ingin menulis sedikit cara untuk membuat border atau bingkai pada MS Word. Adapun untuk MS Word versinya yang berbeda tapi caranya tidak jauh berbeda cuma toolsnya saja yang mungkin tidak sama dalam hal posisinya. Dalam menulis ini kita coba mengambil contoh pada MS Word versi 2007 karena ini masih juga banyak digunakan walaupun sudah ada versi terbarunya.

Sebelum menulis bagaimana untuk membuat border atau bingkai kita tulis dulu beberapa kegunaan MS Word. Berikut kita menulis sedikit kegunaan MS Word :
  1. MS Word berguna untuk menyimpan dokumen atau file yang berukuran kecil dengan beberapa jenis format. Dalam menggunakan MS Word kita bisa memberi warna text, menambah gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol dan sebagainya
  2. Kita bisa mengetahui data atau dokumen kita sudah lengkap atau sudah siap untuk digunakan
  3. Bisa membuat dokumen web misalnya kita ingin membuat file atau tulisan dalam bentuk HTML sehingga kita dengan mudah menghosting ke blog atau situs kita
Setelah mengetahui beberapa kegunaan dari MS Word maka kita akan menulis sedikit tutorial mengenai MS Word. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat bingkai atau border pada MS Word :
  1. Kita buka dahulu MS Wordnya (kita dapat menulis isi covernya terlebih dahulu atau bisa juga membuat bordernya terlebih dahulu)
  2. Klik pada tanda panah yang ada pada border dalam kolom Paragraph
  3. Selanjunya pilih Borders and Shading
  4. Akan muncul jendela baru dan pilih tab Page Border dan Art klik tanda panah kemudian pilih bingkai sesuai keinginan lalu klik OK
Bingkai atau border sudah tampil dihalaman dokumen kita. Kita dapat mengatur Marginnya juga karena kalau tidak di atur maka biasanya bingkainya agak terlalu kepinggir. Untuk mengatur Marginnya kita bisa melakukan langkah berikut :
  1. Tekan Options sebelum menekan OK pada langkah nomor 4 di atas
  2. Pilih Text pada kolom Measure from kemudian tekan OK
Setelah melakukan beberapa tahap di atas maka border atau bingkai sudah siap dan untuk membuat cover sudah bisa kita print. Adapun border atau bingkai itu beragam model sehingga kita bisa menyesuaikan sesuai selera.

Demikian tutorial kali ini yang mungkin dapat membantu kita untuk membuat bingkai atau border dengan mudah pada MS Word. Anda dapat membaca artikel lainnya yang ada di dalam blog yang sederhana ini.

Komentar

Postingan Populer