Format Flashdisk Rusak dengan Mudah

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang mudah untuk digunakan dan mudah untuk dibawa kemana saja. Dengan adanya flashdisk maka akan memudahkan kita menyimpan data atau memindahkan data dari komputer satu ke komputer yang lain. Flashdisk sekarang ini sudah banyak sekali model atau pun merek. Dari sekian banyak mungkin ada juga yang kualitas bagus dan ada juga yang kualitasnya kurang bagus.

Bila kita ingin membeli flashdisk ada baiknya kita coba dulu di tempat kita membelinya karena untuk menjaga kualitas flashdisk tersebut. Karena mungkin ada flashdisk yang baru dibeli tapi waktu dipakai flashdisknya tidak terbaca.

Adapun flashdisk yang tidak terbaca adakala waktu dipakai atau disambung kelaptop/komputer akan muncul pesan minta untuk diformat. Ada juga flashdisk yang baru dibeli tetapi waktu dipakai tidak ada pesan apapun dan flashdisknya pun tidak terbaca mungkin itu karena flashdisknya bukan kualitas asli.

Kerusakan yang dialami oleh sebuah flashdisk itu bermacam-macam, antara lain :
1. Sering memasukkan flashdisk ke komputer yang ada v1r*s
Sebagai contoh yaitu flashdisk sering dimasukkan ke komputer yang banyak v1r*s sehingga ada kemungkinan dapat membuat flashdisk kita menjadi rusak. Hal ini mungkin terjadi ketika kita memasukkan flashdisk kita ke dalam komputer yang ada diwarnet dan sebagainya. Bila flashdisk sudah ada v1r*s maka ketika kita memasukkan flashdisk ke komputer kita akan membuat komputer kita menjadi lambat. Baca juga Cara Mempercepat Loading Laptop atau Komputer Saat Dinyalakan.

2. Kerusakan sudah terjadi saat kita membeli
Selain karena v1r*s flashdisk juga ada yang rusak saat awal kita membeli kemungkinan karena flashdisknya bukan original. Flashdisk yang saat kita beli sudah rusak atau tidak terbaca ini ada yang bisa diperbaiki ada juga yang tidak bisa.

3. Sering mencabut tanpa eject atau mode safely
Hal ini mungkin salah satu penyebab rusaknya flashdisk karena kita mencabutnya tanpa eject terlebih dahulu. Kita bisa membiasakan untuk mencabut flashdisknya dengan menggunakan perintah eject dahulu sebelum mencabutnya dari komputer atau laptop.

Berikut ini kita akan mencoba menulis sedikit cara bagaimana untuk memformat flashdisk kita yang rusak atau tidak terbaca.
Adapun langkah-langkah yang dapat kita coba yaitu:

- Cara pertama
  1. Klik Start dan ketik Run selanjutnya klik pada Run tersebut
  2. Ketik compmgmt.msc dan tekan OK
  3. Selanjutnya akan terbuka jendela baru maka pilih Storage dan klik 2 kali pada Disk Management
  4. Klik kanan pada nama flashdisk kita misalnya F dan pilih Format tunggu hingga selesai
Langkah-langkah di atas mungkin tidak bisa berfungsi untuk semua jenis kerusakan yang ada pada flashdisk ada yang berhasil dengan melakukan langkah-langkah di atas ada juga yang tidak.

- Cara kedua
  1. Lakukan seperti langkah pertama mulai nomor 1 - 3
  2. Klik kanan pada nama flashdisk kita misalnya F dan klik Change Drive Letter and Paths >> Add >> OK
  3. Jika pada klik kanan tidak ada Change Drive Letter and Paths maka pilih New Simple Volume kemudian tekan Next terus sampai selesai
Dengan melakukan langkah-langkah di atas maka flashdisk kita mungkin sudah bisa digunakan kembali tapi menurut pengalaman cara di atas ada flashdisk yang bisa berhasil dan ada juga yang belum berhasil.

Namun kalau ada cara lain untuk memformat flashdisk kita bisa mencobanya bilapun dengan cara di atas tidak berhasil. Contohnya kita bisa menggunakan aplikasi yang dapat memformat flashdisk tetapi kali ini kita hanya menulis cara mudah dan tanpa menggunakan aplikasi karena belum menemukan aplikasi yang pas untuk memformat flashdisk.

Demikian sedikit tutorial kali ini semoga dapat membantu dalam memformat flashdisk yang rusak atau yang minta diformatkan.

Komentar

Postingan Populer