Mempercepat Loading Laptop atau Komputer Saat Dinyalakan/Startup

Kecepatan loading sangat diperlukan dalam menggunakan komputer atau laptop. Tetapi bila kecepatan loading laptopnya sangat lama atau lambat maka membuat kita malas untuk menunggu. Apalagi kita menggunakan laptop untuk bisnis misalnya laptop kita jadikan alat untuk isi saldo atau membuka loket PLN sehingga bila kita terlambat membuka toko maka ada kemungkinan ada pelanggan yang ingin membayar tagihan listrik padahal kita baru buka jadi laptop harus dihidupi dahulu dan ketika kita ingin menghidupkan laptop kita harus menunggu loadingnya. Baiklah kalau loadingnya cepat tetapi bagaimana bila laptop yang kita pakai tersebut loadingnya sangat lambat maka akan membuat pelanggan kita capet menunggu.

Ada beberapa faktor atau penyebab yang membuat laptop kita menjadi lambat, diantaranya yaitu :
1. Ukuran RAM yang ada pada Laptop
Mungkin kecepatan loading sebuah laptop atau komputer juga dipengaruhi oleh ukuran RAM yang dimiliki oleh laptop tersebut. Misalnya RAM yang dimiliki oleh laptop kita hanya 1 GB maka laptop kita kemungkinan akan menjadi lambat bila RAM sudah hampir penuh. Untuk mengetahui kapasitas RAM bisa kita baca Cara Mengetahui Ukuran RAM dan VGA Memory pada Komputer/Laptop.

2. Banyaknya Aplikasi
Selain itu kemungkinan yang menyebabkan cepat lambatnya loading laptop yaitu banyak aplikasi yang sudah terinstall pada laptop kita. Dengan banyaknya aplikasi yang sudah diinstal maka RAM pun sudah terpakai sehingga sisa RAM pun akan berkurang.

3. Ada V1r*s
Selain itu masih banyak faktor atau penyebab yang bisa membuat loading sebuah laptop menjadi lambat. Salah satunya yaitu karena laptop sudah ada v1r*s di dalamnya sehingga laptop pun menjadi lambat loadingnya. Adapun v1r*s yang menyerang sebuah laptop itu sangat banyak apalagi kita sering menggunakan laptop untuk online.

Adapun kali ini kita akan menulis sedikit solusi untuk mengatasi lambatnya loading laptop yang kita gunakan. Karena banyaknya penyebab yang membuat laptop menjadi lambat maka kita coba menulis sedikit langkah yang mungkin membantu untuk membuat laptop kita menjadi cepat.

Berikut merupakan cara mudah untuk solusi mempercepat loading laptop :
  1. Klik Start dan ketik Run pada kolom search selanjutnya klik pada Run tersebut
  2. Kemudian ketik kode berikut msconfig dan tekan OK
  3. Akan muncul jendela System Configuration dan pilih pada tab Startup
  4. Selanjutnya hilangkan Centang yang ada pada nama aplikasi tersebut yang anda anggap tidak perlu usahakan jangan dihilangkan Centang yang pada kolom Manufacturer adalah Microsoft
  5. Terakhir tekan OK
Langkah-langkah di atas merupakan salah satu dari sekian banyak langkah yang dapat mengatasi loading laptop yang lambat menjadi cepat. Cara itu pun merupakan hal yang sangat mudah untuk diterapkan dan tidak membutuhkan waktu banyak dalam melakukan langkah-langkah tersebut.

Akan tetapi bila laptop kita masih juga lambat itu mungkin harus install ulang atau karena laptop kita banyak v1r*s. Bila kita install ulang maka kita akan mengeluarkan biaya lagi maka untuk menghematkan ekonomi kita bisa mencari solusi yang lain tanpa harus langsung install ulang.

Dengan demikian kita tidak memerlukan biaya untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada laptop atau komputer kita. Begitu juga tidak harus menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat servis karena kita sudah bisa melakukan beberapa langkah dalam memperbaiki laptop kita.

Itulah sedikit tulisan cara mengatasi masalah loading lambat pada laptop atau komputer yang mungkin bisa membatu sedikit untuk mempercepat loading laptop kita.

Komentar

Postingan Populer