Penyebab dan Cara Mengatasi Keyboard Laptop/Komputer Macet

Keyboard merupakan suatu perangkat yang sangat penting pada sebuah komputer untuk digunakan pada pengetikan berbagai file. Misalnya dalam menulis surat, makalah dan sebagainya. Maka dalam hal ini perlu bagi kita sebagai pengguna laptop/komputer untuk menjaga keyboard tersebut. Bila kita kurang memperhatikan masalah itu akan mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan seperti terjadi kemacetan saat mau mengetik, kadang-kadang harus menekannya dengan keras.

Pengalaman ini sudah saya alami sekarang, sehingga harus menanggung akibatnya. Akan tetapi bilapun ini sudah tertimpa kita ada baiknya agar mengetahui penyebab-penyebab timbulnya demikian rupa.

Tombol tidak bisa berfungsi dengan baik
Beberapa kemungkinan terjadinya tombol tidak bisa berfungsi dengan baik antara lain :
1. Debu berlebihan menempel ditombol disebabkan jarang membersihkannya
2. Cairan tumpah dikeyboard
3. Sering sekali bermain game menggunakan botton tertentu
4. Pelumas karet mengering

Cara mengatasinya
Perhatikan yang mana hendak diperbaiki, sediakan obeng kecil cungkil sesuai kebutuhan. Namun sebelumnya perhatikanlah posisi setiap tombolnya, pisahkan karet yang telah dibuka.

Bersihkan semua bagian sisi keyboard memakai kuas atau pembersih telinga. Jika susah dibersihkan beri sedikit air supaya terasa kelembaban guna melekat semua debu. Hindari penggunaan air kebanyakan karena dapat menyebabkan keyboard rusak. Keringkan dengan kipas angin.

Memulai membersihkan semua tombol dengan kain spon dan memberi deterjen, kemudian lap biar kering. Selanjutnya bersihkan karet dengan air bersih. Beri pelumas jangan terlalu banyak lalu pasang kembali keyboard dengan hati-hati. Mulailah menempatkan komponen-komponen karet dislot.

Kesalahan karakter keyboard
Ketika karakter mempunyai kesalahan ada kemungkinan bahwa perangkat lunak yang memicu masalah.

Cara mengatasinya
Pilih Control Panel > Regional and Leangue > Change keyboards or other input methods > Change keyboards > klik tab Advanced Key Settings > Between input languages >Change Key Sequence > Not Assigned pada Switch Input Language dan Switch Keyboard Layout > OK

Keyboard jenis nomor tidak berfungsi
Hal ini bisa terjadi mungkin karena software atau kita telah mengaktifkan tombol digital secara tak sengaja.

Cara mengatasinya
Tekan Fn + Shift + Num Lock. Kalau belum berjalan ikuti langkah-langkah berikut : Start > Device > Device Manager > Tekan Enter atau membuka Device Manager yaitu : Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Device Manager maka akan menampilkan daftar hardware laptop yang digunakan. Jika tampil tanda seru kuning terhadap ikon Keyboard maka uninstall driver kemudian Instal lagi dan restart laptop.

Bila langkah di atas tidak berhasil kita mencoba cara yang lain yaitu :
1. Cabut laptop dari chok dan lepas semua perangkat keras eksternal yang terhubung dengan laptop kita
2. Setelah mematikan laptop keluarkan baterai dan tunggu kira-kira 5 menit dan hidupkan kembali laptop kita.

File yang rusak juga ada kemungkinan menggangu kinerja keyboard. Sesudah restart laptop file-file yang rusak tadi akan terhapus. Selain itu kemungkinan keyboard rusak atau macet  yaitu adanya hardware/software yang tida komatibel pada laptop kita. Untuk solusinya bisa kita coba memeriksa permasalahan yang ada pada hardware dengan menjalankan laptop pada Safe Mode. Kalau keyboard bekerja dengan lancar pada Safe Mode maka masalahnya ada pada perangkat lunak. Kita harus hati-hati dalam memeriksa keyboard driver dan kalau ada driver yang hilang atau rusak kita bisa memdownload driver tersebut pada situs web penyedia perangkat lunak/software.

Baca juga artikel lainnya Cara Mengatasi Windows 7 Ultimate Build 7601 Not Genuine.

Tombol keyboard berjalan sendirinya
Penyebabnya tombol keyboard berjalan tanpa kita tekan tetapi berjalan sendirinya yaitu :
1. Kemungkinan ada benda yang melekat pada keyboard laptop
2. Pengaruh script yang sengaja dibuat

Cara mengatasinya
1. Keluarkan benda yang melekat pada keyboard jika ada
2. Untuk mengatasi pengaruh script bisa dilakukan langkah berikut : Klik Start > All Program > Startup. Lihat program yang aktif dan mencurigakan pada folder startup kemudian klik kanan lalu pilih properties untuk mengetahui sumber target dan hapus file tersebut jika mencurigakan.

Keyboard mengeluarkan suara beep secara terus menerus

Cara mengatasinya
Jika laptop masih hidup maka matika dahulu kemudian lakukan pada semua tombol dengan cara menekan dan ditahan kemudian melepaskannya berulang kali untuk setiap keyboard. Dalam hal ini kita menekan semua tombol karena kita tidak tau tombol yang mana lapisan karbonnya menempel. Sesudah menekan semua tombol maka coba dihidupkan kembali laptopnya.

Tombol keyboard tertukar huruf dengan angka ( m, j, k, l, u, i, o dengan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 )
Adapun penyebab terjadi hal semacam ini karena terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.

Cara mengatasinya
1. Tekan tombol Fn tahan dan jangan dilepas kemudian tekan tombol fungsi numeric
2. Sesudah itu lepaskan kedua tombol tersebut lalu tekan tombol u, jika masih muncul angka 4 berarti belum berhasil dan ulangi lagi.

Komentar

Postingan Populer