Cara Membuat Breadcrumbs di Blog Agar Lebih SEO Friendly

Setelah lama kita tak menulis artikel mengenai tutorial blog maka pada kesempatan ini kembali kita menulis sedikit artikel mengenai cara memasang breadcrumbs pada sebuah blog atau situs seperti yang ada pada blog ini. Breadcrumbs ini muncul berdasarkan label dan akan memudahkan pembaca menandai label yang sedang dibaca sehingga mudah untuk menelusuri artikel lain yang ada di dalam blog tersebut yang sama ada kaitannya.

Selain itu breadcrumbs juga akan muncul pada pencarian google dan akan menarik pengunjung untuk menjelajahi halaman blog kita. Breadcrumb biasa tampilan bermacam-macam ada yang memakai border ada juga yang tidak itu tergantung kepada yang memasangnya.

Diantara sekian banyak cara membuat blog menjadi Breadcrumbs merupakan salah satu cara membuat blog kita lebih SEO Friendly sehingga akan membantu blog kita muncul di halaman pencarian google. Akan tetapi ada sebagian blogger tidak memasangnya itu tergantung alasannya.

Breadcrumbs hampir sama dengan navigasi yang ada di header blog. Breadcrumbs biasa kita lihat dalam sebuah halaman blog berada di atas postingan. Seperti blog ini breadsrumbs juga berada di atas postingan.

Sekarang kita akan menulis bagaimana cara memasang Breadcrumbs pada blog dengan mudah. Breadcrumbs yang kita bagikan pada postingan ini merupakan breadcrumbs yang terindex google. Apakah ada breadcrumbs yang tidak terindex google? Jawabannya saya kurang tahu.

Baiklah kita coba lanjut dengan langkah-langkahnya :
Kita terlebih dahulu masuk akun blog, jika kita belum mempunyai blog bisa membaca cara membuat blog yang sudah kita tulis sebelumnya. Selanjutnya menuju pada menu Template yaitu Edit HTML. Kemudian cari kode ]]></b:skin> adapun untuk memudahkan pencariannya klik Ctrl + F dan tulis ]]></b:skin> pada form pencariannya dan tekan Enter

Setelah menemukan kode tersebut maka tambahkan kode berikut di atasnya
.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

Selanjut kita cari kode <b:includable id='main' var='top'> dan ganti kode tersebut dengan kode berikut
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

Kemudian kita klik Simpan Template dan breadcrumbs akan muncul pada blog kita. Untuk membuktikannya coba buka halaman blog kita dan lihat hasilnya dan cara ini sudah pernah di terapkan pada blog ini.

Jika kita belum mencoba maka cara ini bisa kita coba untuk menguji coba dahulu kadang cocok untuk blog kita. Dan bila tidak cocok kita bisa mencari  cara lain yang mungkin lebih bagus lagi. Cara di atas tidak terlalu susah sehingga membuat kita mudah untuk memasangnya dan tidak harus memerlukan banyak waktu untuk pemasangannya.

Breadcrumbs yang sudah kita tulis di atas merupakan breadcrumbs yang terbilang simple dan tidak amburadur. Demikian sedikit tulisan yang dapat kita tulisan pada kesempatan ini mengenai tutorial blog. Kita bisa membaca tutorial blog lainnya yang ada di dalam blog ini.

Komentar

Postingan Populer