Cara Setting Kualitas Cetak Printer Canon Menjadi Lebih Bagus

Printer merupakan fasilitas yang diperlukan dalam hal percetakan, baik itu surat-surat ataupun berupa photo.  Dalam mencetak tentunya harus mempunyai kualitas yang bagus apalagi itu yang kita cetak berupa surat-surat penting atau photo. Sedangkan printer yang kita gunakan mungkin printer yang kualitasnya kurang bagus.

Untuk menghasilkan cetakan yang lebih bagus maka kita perlu melakukan perubahan settingan pada printer tersebut. Dalam hal ini printer yang digunakan merek Canon walaupun berbeda tipe atau seri seperti Canon Pixma ip2770, Canon MP237 dan lain-lain mungkin sama juga cara settingannya.

Sebenarnya settingan ini tidak diperlukan untuk mencetak surat dan yang serupa bila catridge masih baru akan tetapi untuk mencetak photo perlu disetting. Begitu juga bila catridge sudah lama dipakai maka tinta akan menjadi kurang bagus bahkan bisa jadi putus-putus ketika mau diprint. Maka karena itulah kita memerlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu settingan ini diperlukan saat mencetak photo untuk membuat hasil cetakannya lebih bagus. Maka pada artikel kali ini kita akan mencoba menulis bagaimana cara setting printer agar cetakannya lebih bagus. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Print kertas photo
  1. Kita buka dahulu aplikasi pengolah photo misalnya photoscape, photoshop dan sebagainya. Selanjutnya pilih photo yang akan di cetak lalu klik Atur Pencetak
  2. Kemudian akan muncul jendela baru yaitu Print Setup dan klik Properties
  3. Pada Setelan yang biasa digunakan pilih Pencetakan Foto
  4. Atur juga pada Tipe Media pilih Kertas Foto Glossy, Kualitas Cetak pilih Tinggi atau High dan pada Ukuran Kertas Pencetak pilih A4 kemudian klik OK.
  5. Setelah mengatur pencetak klik Cetak, tunggu sampai selesai dan lihat hasilnya
2. Print kertas biasa
Print kerta biasa ini biasa digunakan pada MS. Word atau MS. Excel yaitu pada membuat surat atau yang sejenis, bisa juga dalam mencetak photo untuk keperluan tertentu. Langkah ini juga tidak jauh berbeda dengan mencetak pada kertas photo.
  1. Buka dokumen atau file yang ingin di print baik berformat word atau excel dan yang serupa.
  2. Kemudian klik print atau klik Ctrl + P kemudian atur pencetak dengan cara klik Properties dan pada Setelan yang biasa digunakan biarkan Standar hanya yang perlu di ubah pada Kualitas Cetak pilih Tinggi atau High dan ukuran kertas ataur sesuai keinginan.
Untuk print yang kedua ini bisa dilakukan bagi kita yang sudah mengalami tinta saat diprint terjadi putus-putus pada hasil cetakan. Langkah ini kita terapkan untuk menghemat ekonomi sebelum mengambil keputusan untuk membeli catridge baru. Akan tetapi bila kita mengatur pencetak dari standar menjadi high atau tinggi ini di saat kita mencetak dokumen akan memakan waktu lama sedikit tidak sama dengan pencetak yang tidak di ubah kualitas cetak menjadi high.

Berapa lama untuk bisa digunakan dalam keadaan high, itu tergantung pemakaiannya jika file atau dokumen tidak banyak tulisan maka akan bertahan sekitar ratusan lembar tetapi kalau banyak tulisan atau penuh tulisan dalam satu lembar maka itu tergantung dan tidak bisa dipastikan.

Dengan demikian kita bisa mencoba langkah-langkah di atas untuk membuat cetakan kita lebih bagus, karena bila cara yang pertama tidak diterapkan maka photo yang kita cetak kurang bagus. Akan tetapi cara kedua itu bila kita belum sanggup membeli catridge yang baru bisa kita gunakan karena cetakan menurut langkah yang kedua ini kurang hitam. Warna yang dihasilkan dengan cara yang kedua ini hampir sama dengan cetakan photo jadi bukan warna hitam asli. Simak video berikut ini:

Komentar

Postingan Populer