Kegunaan Template Responsive Untuk Sebuah Blog

Untuk membuat sebuah blog atau situs ada yang namanya Template. Pemakaian template biasa sangat beragam. Template yang digunakan sangat berpengaruh bagi pembaca. Karena dengan template yang kurang bagus tampilannya para pengunjung akan bosan untuk membacanya.

Tampilan template yang sederhana akan lebih enak untuk dilihat dan tidak membuat pembaca bingung karena kalau templatenya amburadur akan membuat bingung. Tampilan sederhana lebik cocok bagi kita yang ingin menulis tutorial atau informasi karena pembaca hanya ingin membaca isinya tetapi ada juga pembaca yang juga melihat tampilan templatenya.

Selain template yang sederhana ada juga template yang kualitasnya profesional. Dengan memakai template yang profesional mungkin akan tertarik juga para pembaca untuk terus menjelajah isi blog kita.

Adapun sekarang ini sudah banyak yang memakai smartphone dengan berbagai merek dan ukuran untuk menjelajah internet. Maka dengan adanya smartphone yang bermacam-macam ukuran maka blog atau situs akan memerlukan template yang responsive.

Pengertian Template Responsive
Template Responsive adalah template yang mengikuti ukuran layout blog sesuai dengan ukuran layar device pengunjung atau pembaca. Sehingga jika kita menggunakan template dengan design responsive maka isi yang ada di halaman blog kita otomatis disesuaikan tampilannya sesuai ukuran device.

Kegunaan Template Responsive
- Mempunyai layout yang bisa menyesuaikan dengan berbagai ukuran device baik itu berupa desktop, smarphone maupun hp. Dengan adanya layout template yang responsive akan menambah pengunjung karena sekarang ini banyak pengguna internet yang sudah memakai smarphone.

- Dapat meningkatkan visitor untuk sebuah blog karena dengan adanya template responsive akan membuat tampilan blog kita menyesuaikan sesuai device visitor. Jika kita tidak menggunakan template responsive maka tampilan blog kita tidak menyesuaikan device pengunjung maka para pengunjung akan meninggalkan blog kita karena tampilan yang muncul akan amburadur. Pengalaman sudah dicoba yaitu dengan memakai template responsive pengunjung langsung meningkat terutama dari device smartphone.

- Akan membuat blog kita menjadi SEO Friendly. Dengan adanya template responsive yang kita gunakan maka akan menjadi salah satu penyebab blog kita lebih SEO Friendly.

- Lebih ringan dalam hal loading karena biasanya blog yang menggunakan template responsive akan membuat blog sedikit lebih cepat loadingnya. Loading cepat adalah salah satu penyebab banyak pengunjung. Para pengunjung tidak suka menunggu lama untuk membuka sebuah halaman. Maka bila blog kita terlalu lama loadingnya akan membuat pengujung meninggalkan blog kita.

- Template yang menggunakan design responsive biasanya dibuat dengan valid HTML 5 dan CSS 3 karena template responsive masih terbatas dalam hal pemakaian script dan widget. Dengan demikian template responsive lebih stabil untuk HTML 5 dan CSS 3.

Selain itu mungkin ada kegunaan lain untuk pemakaian template dengan design responsive. Karena dahulu blog ini ragu-ragu menggantikan template dengan design responsive karena pernah membaca kalau sering menggantikan template akan mempengaruhi SEO sebuah blog.

Kemudian setelah sekian lama akhirnya blog ini sudah menggunakan template responsive. Awalnya tidak ingin menggantikan template hanya ingin menggunakan template standar yang disediakan oleh blogger tetapi sudah mencoba membuat menjadi responsive dan tidak bisa. Akhirnya memutuskan mencari template responsive dan sudah digunakan.

Setelah menggunakan beberapa saat maka kita pun sudah mulai bosan dengan tampilannya karena tidak sesuai keinginan. Sesudah itu ingin kembali menggunakan template standar yang disediakan blogger maka sampai saat ini blog ini sudah menggunakan template standar yang disediakan oleh blogger kembali. Akan tetapi saat ini template default ini sudah bisa dijadikan responsive.

Dengan demikian template defult blogger ini bisa kita edit tampilannya sesuai keinginan. Demikian sedikit tulisan yang dapat kita tulis di dalam artikel ini mengenai Template Responsive.

Komentar

Postingan Populer