Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah sawo merupakan salah satu buah yang ada disekitar kita dan menjadikan buah sawo ini banyak orang yang mengenalnya. Ada sebagian orang sangat suka dengan buah yang satu ini. Walaupun tidak ada pohonnya di tempat sendiri orang membelinya di pasar - pasar.

Kebiasaan buah yang memiliki kulit berwarna cokelat tua dan bijinya yang hitam mengkilat ini kita jumpai di pasar buah. Orang menjualnya ada yang di kaki lima ada juga yang menggunakan mobil untuk menjualnya untuk orang yang ingin membelinya. Bentuk buah sawo biasa kita temukan berbentuk oval atau bulat lonjong.
Salah satu yang membuat orang suka dengan buah ini yaitu memiliki rasa yang manis dan terasa sedikit dingin saat kita memakannya. Buah sawo juga termasuk salah satu yang buah memiliki kekayaan akan serat. Selain itu buah yang bentuknya oval ini memiliki banyak varian yang terkenal, misalnya :
  • Sawo manila merupakan sawo yang paling populer di Asia Tenggara. Begitu juga buah sawo manila ini banyak mengandung air dan memiliki daging buah yang tebal.
  • Sawo duren merupakan sawo yang berbentuk bulat hingga bulat telur. Adapun kulit buah sawo ini yaitu licin mengkilap dan agak tebal. Karena sawo ini mengandung banyak lateks maka sawo ini tidak bisa dimakan.
  • Sawo mentega merupakan sawo yang memiliki rasa yang manis dan berwarna hijau mengkilap. Adapun bentuk sawo varian mentega ini yaitu berbentuk bulat hingga bulat gelendong dan bulat telur terbalik dan memanjang.

Adapun buah sawo ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Maka pada kesempatan ini kita akan menulis beberapa manfaat buah sawo.

1. Pencegah batuk
Buah sawo memiliki manfaat untuk menghilangkan lendir serta dahak yang ada pada rongga hidung beserta saluran pernafasan.

2. Obat diare
Selain sebagai pencegah batuk buah sawo juga bisa dijadikan sebagai obat diare. Adapun cara menggunakannya yaitu ambil 15 tetes getah sawo yang masih muda kemudian seduh dengan setengah gelas air panas dan minum sekaligus setelah air menjadi dingin atau masih hangat. Adapun cara yang lain yaitu sediakan satu buah sawo muda dan cuci sampai bersih kemudian diparut, diperas dan disaring. Bila perlu bisa ditambahkan sedikit air matang dan diminum 2 kali sehari.

3. Menjaga kesehatan mata
Buah sawo memiliki sumber vitami A yang cukup banyak. Vitamin A yang ada di dalam buah sawo dapat berperan menutrisi mata. Sehingga organ mata akan terjaga kesehatannya.

4. Menutrisi dan menguatkan tulang
Sumber kalsium, fosfor serta zat besi yang dihasilkan oleh buah sawo dapat membantu menjaga tulang tetap sehat.

5. Mencegah kanker
Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah sawo seperti vitamin A, serat, antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya membuat buah yang satu ini bisa mencegah kanker. Kandungan serat yang tinggi menjadikan buah sawo ini sangat baik untuk pencernaan di dalam usus. Oleh sebab itu buah sawo dapat menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kanker di dalam usus.

6. Mencegah Anemia
Kandungan folat dan zat besi yang ada di dalam buah sawo bisa mencegah gejala anemia.

7. Memelihara kesehatan gigi
Buah sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Maka apabila buah sawo dikonsumsi secara rutin akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Tetepi dengan memiliki kadungan kalsium dan fosfor yang tinggi tidak pula dianjurkan untuk dikonsumsi oleh balita karena dapat menggangu pencernaannya.

8. Mengobati disentri
Buah sawo yang masih muda dapat dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati sakit disentri. Adapun cara membuatnya yaitu ambil buah sawo muda dan haluskan, kemudian dicampur dengan garam secukupnya dan konsumsilah 2 kali sehari.

9. Pencegahan infeksi
Vitamin A dan vitamin C yang dimiliki oleh buah sawo sangat baik. Adapun kegunaan dari vitamin A yaitu membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan kegunaan vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan juga berguna untuk mencegah infeksi.

10. Menutrisi kulit
Selain kandungan vitamin A dan C buah sawo juga mengandung vitamin E yang berguna dapat menyehatkan kulit. Karena dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih dan lembab sehingga membuat seseorang tampak lebih awet muda.

Nah itulah beberapa manfaat buah sawo yang mungkin membuat kita mengetahuinya. Adapun manfaat dari buah ini mungkin sekedar pengetahuan saja jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan silahkan ke dokter yang ahli.

Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer