Kenapa Meteran Diganti dengan yang Baru?

Kenapa Meteran Diganti dengan yang Baru?
Hampir semua rumah sekarang ini sudah menggunakan jasa PLN. Maka kita mungkin sudah mengenal yang namanya meteran. Meteran biasanya dipasang di depan rumah yaitu dekat dengan pintu depan rumah sehingga pihak PLN dengan mudah untuk mencatat stand meter tip bulannya.

Listrik yang disediakan oleh perusahaan tersebut bersifat pasca bayar yaitu pakai terlebih dahulu dan bayar bulan depan. Sistem ini merupakan sistem lama akan tetapi sekarang ini pihak PT. PLN sudah mengeluarkan sistem baru yaitu listrik prabayar dengan sistemnya harus terlebih dahulu kita bayar kemudian baru pakai. Cara membayar listrik prabayar yaitu kita harus mengisi token ditempat-tempat penyedia token seperti diloket PPOB, Kantor POS, Ponsel dan sebagainya.

Sistem listrik prabayar saat ini juga sudah banyak yang menggunakannya karena saat ini bila kita ingin memasang listrik baru pihak PLN tidak memberikan pemakai untuk menggunakan sistem lama atau listrik pasca bayar. Oleh sebab itulah pengguna listrik prabayar semakin meningkat.

Baca juga : Macam-macam Kode Meteran Listrik Prabayar

Untuk pemakai meteran pasca bayar yang sudah sudah lama menggunakan jasa dari PLN tentunya meteranpun sudah lama juga karena meterannya tidak digantikan setiap tahunnya. Seperti halnya ada sebagian pengguna listrik pasca bayar yang sudah menggunakan meteran sekitar 20 tahun namun meterannya belum diganti.

Hal ini sudah dialami tadi siang, tiba - tiba datang petugas dari PLN dan ingin menggantikan meteran di rumah saya tinggal. Saya pikir ada masalah dengan meteran kami dan meteran ingin digantikan kata petugas. Kemudian saya menanyakan pada petugas tersebut apakah meteran kami ada masalah dengan PLN. Kata petugas tersebut tidak ada masalah dengan meteran kami hanya saja meteran yang ada di tempat kami sudah sangat lama sekitar 20 tahun dan meteran yang ingin digantikan bukan meteran prabayar tetap meteran pasca bayar namun meterannya sudah baru kembali.

Setelah petugas menjelaskan saya mengizinkannya untuk digantikan. Adapun meteran baru ini memilik tiga lampu dengan berbeda warna. Warna - warna tersebut yaitu hijau yang artinya jika ada arus listrik maka lampu hijau ini akan menyala. Selain warna hijau ada juga warna kuning yang menunjukkan untuk peringatan jika ada masalah pada arus atau meteran. Disamping itu ada juga lampu dengan warna merah yang artinya bila penggunaan arus sangat besar maka akan menyala lampu yang berwarna merah.

Menurut pemahaman saya itulah fungsi ketiga lampu yang ada pada meteran pasca bayar baru saat ini yang saya ambil kesimpulan dari penjelasan petugas PLN tersebut. Maka jangan takut jika ada petugas dari PT. PLN Persero yang datang ke rumah Anda untuk menggantikan meteran yang baru. Tetapi Anda harus menanyakan terlebih dahulu apakah meteran yang akan digantikan sekarang merupakan meteran pasca bayar atau bukan. Takutnya jika kita tidak menanyakannya akan digantikan dengan meteran prabayar.


Itulah sedikit pengalaman yang barusan saya alami mengenai penggantian meteran pasca bayar baru dari petugas PLN. Semoga dapat membantu bila Anda merasa tidak ingin digantikan dengan meteran yang baru.

Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer