Perbedaan Laptop dengan Notebook serta Netbook

Sering kita dengar nama yang sering orang ucapkan untuk sebuah perangkat elektronik komputer jinjing yaitu dengan istilah laptop. Nama laptop ini banyak digunakan untuk semua jenis komputer jinjing tanpa ada perbedaan. Padahal laptop ada jenis - jenis juga sehingga disebut nama notebook dan netbook. Laptop, Notebook dan Netbook ini memiliki perbedaaan masing - masing.

Perangkat elektronik yang sekarang ini sudah menjadi sebuah perangkat yang diperlukan dalam melakukan aktifitas seperti diperkantoran, sekolah, universitas dan sebagainya yaitu komputer. Selain komputer sekarang ini sudah tersedia perangkat komputer yang lebih simple sehingga dengan mudah di bawa kemana saja ingin pergi dan perangkat tersebut yaitu sering kita dengar dengan nama laptop.

Adapun perbedaan dari ke 3 perangkat tersebut akan kita tulis di bawah ini :

Laptop

Laptop merupakan nama umum yang sering dipakai untuk sebuah komputer yang bisa di bawa - bawa. Sebenarnya laptop ini bukan bahasa Indonesia tetapi nama laptop sudah sering kita dengarkan di negara kita ini. Seolah nama laptop merupakan bahasa kita sendiri.

Laptop memiliki layar 18 inchi ke atas dan mempunyai berat berkisar 1 kg hingga 8 kg dan tergantung pada ukuran, desain, bahan dan spesifikasi perangkat tersebut. Laptop memiliki DVD-ROM dan spesifikasinya lebih tinggi sehingg bisa digunakan untuk office, internet, multimedia, gaming high dan sebagainya. Laptop biasanya memiliki kartu grafis seperti Nvidia seri GTX atau Radeon HD 8970/8790.

Notebook

Notebook merupakan perkembangan dari laptop. Layar notebook berkisar 13.1 inchi hingga 18 inchi dan beratnya pun hampir sama dengan laptop berkisar 1 kg ke atas hingga 8 kg. Biasanya notebook lebih ringan dibandingkan laptop karena desainnya lebih tipis dan biasa disebut dengan ultrabook. Notebook ada yang mempunyai DVD-ROM dan ada juga yang tidak itu tergantung ketipisan notebook. Kegunaannya seperti internet, office, multimedia gaming normal karena spesifikasi medium dan sebagainya.
Perbedaan Laptop dan Notebook serta Netbook

Spesifikasi notebook yaitu adanya medium hingga high dan itu tergantung dari pembuat notebook itu sendiri. Adapun processor yang diusung antara lain Dual Core hingga Core i7 untuk processor berbasis Intel dan AMD Dual Core hingga AMD A10 untuk processor berbasis AMD. Begitu juga pada Notebook biasanya mempunyai kartu grafis yang biasa saja seperti Intel HD, AMD Radeon versi mainstream dan Nvidia GT 830.

Netbook

Netbook termasuk dalam kategori perangkat yang kecil jika dibandingkan dengan Laptop dan Notebook. Begitu juga fungsi dan spesifikasinya memiliki sedikit perbadaan dengan laptop dan notebook. Ukuran Netbook berkisar 8 sampai 12 inchi. Adapun keunggulannya yaitu memiliki daya tahan baterai yang lebih lama karena netbook biasanya digunakan untuk browsing internet, multimedia dan office.
Perbedaan Laptop dan Notebook serta Netbook

Dengan fungsi seperti yang di atas maka maka netbook tidak bisa digunakan game yang kualitasnya besar karena akan mempengaruhi kecepatan netbook itu sendiri sehingga jika ingin memainkan game yang kualitasnya rendah harus diperhatikan juga lama waktu memainkannya guna mencegah netbook menjadi lambat.
Itulah perbedaan antara netbook, notebook dan laptop yang bisa kita bagikan pada postingan kali ini. Mungkin dapat membantu untuk mengenal mana yang sebenarnya laptop, notebook dan juga netbook.

Komentar

Postingan Populer