Tips Merawat Baterai Smartphone

Tips Merawat Baterai Smartphone
Baterai merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah smartphone. Maka dari itu perlu mengetahui bagaimana untuk merawat baterai tersebut agar tetap awet. Memang sebagus apapun kualitas baterai tersebut tentunya lama kelamaan akan hilang juga kualitasnya.

Namun demikian kita bisa melakukan dan menghindari beberapa hal yang mungkin sering dilakukan. Berikut merupakan tips untuk mencegah baterai smartphone cepat habis alias soak.


1. Hindari penggunaan ketika sedang dicas

Kebiasaan pengguna seluler baik itu handphone maupun smartphone sering menggunkan perangkatnya di saat sedang dicas. Usahakan untuk menghentikan bermain smartphone terutama memainkan game kecuali ada hal yang diperlukan misalnya ada panggilan masuk yang perlu di angkat.

2. Usahakan charge baterai dalam kondisi stabil

Maksudnya hindari mengecas smartphone disaat baterai masih panas. Misalnya penyebab baterai menjadi panas yaitu smartphone baru habis main game, internet dan sebagainya.

3. Cabut charger sesudah bateri penuh

Jika baterai smartphone sudah penuh ada baiknya dicabut saja. Ini berguna untuk menhindari baterai cepat panas.

4. Jangan terlalu sering Low Bat

Usahakan dalam menggunakan smartphone memperhatikan kondisi baterai jangan terlalu sering kondisi baterai sampai mengalami low bat. Sebaiknya bisa dicas smartphone saat beterai mencapai 20%. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh maka usahakan membawa power bank.

5. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Smartphone kebanyakan bisa membuka banyak aplikasi bersamaan. Misalnya bisa membuka chat bbm bersamaan dengan main game atau browsing. Jika membuka banyak aplikasi usahakan ditutup yang sudah tidak digunakan.

6. Mengatur pencahayaan

Settingan pencahayaan atau brightness default/bawaan dari smartphone biasanya termasuk dalam tingkat pencahayaan yang tinggi. Atur ulang pencahayaannya menjadi sedikit rendah bahkan hingga paling redah guna untuk menghematkan energi listrik baterai. Selain menghematkan energi listrik juga berguna untuk menjaga mata.

7. Perhatikan temperatur baterai

Baterai keseringan panas juga tidak bagus untuk kondisi baterai karena bisa jadi baterai tersebut akan menggelembung dan energipun tidak stabil lagi alias soak.

8. Gunakan aplikasi Battery Saver/Booster

Adapun kegunaan aplikasi batery saver ini berguna untuk mengontrol daya listrik yang ada pada baterai seperti memberi peringatan saat baterai sudah penuh dicas, selain itu memberi peringatan dengan menolak charge saat baterai dalam kondisi masih panas serta dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi lain dan lain - lain.

9. Nonaktif fitur getar

Menggunakan fitur dengan profil suara sudah cukup untuk mengetahui seperti pesan atau panggilan masuk. Usahakan profilnya tidak ditambahkan dengan fitur getar namun jika ingin menggunakan getar bisa menggunakan fitur getar saja jangan keduanya digunakan.

10. Hindarkan dari penggunaan Animated Wallpaper/Screen

Menggunakan wallpaper atau screen saver yang bergerak akan menghabiskan banyak tenaga energi baterai. Maka ada baiknya untuk menghindari penggunaan wallpaper atau screen saver pada smartphone untuk menghematkan baterai.

11. Matikan media peghubung jika tidak diperlukan

Media penghubung misalnya seperti bluetooth, wifi dan GPS segera dimatikan jika fitur tersebut sudah selesai digunakan. Karena jika media penghubung itu diaktifkan selalu maka akan menghabiskan banyak energi baterai.

Itulah 11 tips untuk menjaga/merawat baterai smartphone agar tidak cepat rusak alias soak. Semoga dengan beberapa tips yang telah diuraikan di atas dapat mencegah baterai cepat rusak.

Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang.
Jangan lupa baca artikel terkait lainnya yaitu Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer