Cara Belajar Membuat Website Sendiri

Cara Membuat Website Sendiri - Website merupakan alamat yang ada di internet. Jika kita ingin membuat sebuah website maka kita harus mengetahui apa saja yang perlu dipelajari dalam membuat website itu sendiri. Seperti mengenal bahasa pemograman, HTML, CSS dan sebagainya.

Dalam dunia internet kita sering mendengar website dan juga dengan sebutan blog. Sebenarnya kedua nama ini sama-sama alamat yang ada di internet. Akan tetapi kedua nama tersebut ada sedikit perbedaan. Misalnya yang sering kita temui di internet yaitu tulisan url yang ada di address bar dengan sebuah nama yang berakhiran blogspot, wordpress dan sebagainya. Nah, alamat yang berakhiran tersebut dinamakan dengan blog. Sedangkan untuk website tidak ada akhiran seperti yang di atas.

Blog alias website gratis ini banyak dibuat oleh sebagian orang yang tidak ingin mengeluarkan modal. Namun bagi pembisnis tentunya untuk mengembangkan bisnisnya di internet harus memiliki website sendiri sehingga akan terlihat profesional dan menampakkan keseriusan pengelola dalam menjalankan suatu bisnis. Sebelumnya kita ingin menulis sedikit perbedaan website dengan blog.


Perbedaan website dengan blog

Website dan blog ada perbedaan dalam berbagai hal, namun ada juga sedikit kesamaan. Namun perbedaan dan kesamaan keduanya tidak perlu dipikirkan. Menurut yang telah dibaca diinternet ada beberapa perbedaan diantara keduanya antara lain :
1. Website merupakan kontradiksi dari situs di web, sedangkan blog merupakan kontradiksi dari web log.
2. Coding merupakan salah satu yang harus dipahami oleh seseorang yang ingin membuat sebuah website. Namun tidak sama halnya dengan seseorang yang ingin membuat sebuah blog mereka bisa membuatnya tanpa harus memahami pengkodean, cukup mendownload saja template yang sudah disediakan pada situs-situs di internet.

3. Homepage atau halaman utama biasanya untuk sebuah website yaitu sebuah halaman yang dalam halaman tersebut menjelaskan isi dasar mengenai sebuah website. Tetapi berbeda dengan blog yang halaman depannya biasanya di isi oleh postingan-postingan yang sudah dipublikasikan oleh penulisnya.

4. Interaksi pengguna yang ada pada website biasanya tidak dibuka di dalam kolom komentar karena admin memblokir kolom komentar. Sedangkan pada sebuah blog biasanya tersedia kolom komentar, tombol sharing, dan sebagainya.

Ke empat perbedaan tersebut merupakan bagian perbedaan antara website dengan blog. Mungkin masih banyak perbedaan yang lain yang tidak dapat kita publikasikan dalam artikel ini.

Membuat sebuah website kita harus bisa memilih langkah-langkah yang mudah bagi kita dalam membuatnya. Adapun langkah tersebut yaitu kita memilih menyewa hosting serta domain atau hanya menyewa domainnya saja. 

Kedua cara yang tersebut di atas mungkin ada sedikit kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti yang kita ketahui jika kita ingin menyewa hosting dan domain pada pihak penyedia jasa di internet maka kita harus pandai melihat/memilih kualitas dari penyedia hosting baik itu layanan server maupun costumer servisnya. Namun jika kita ingin menyewa domain saja itu tidak terlalu sulit dan tidak perlu dipikirkan, semisal kita terlebih dahulu membuat sebuah blog dengan akun blogspot maka itu lebih nyaman dan tidak perlu khawatir akan terjadi down pada situs kita karena kita masih menumpang hosting pada server google dan kita tau kalau google masih sanggup menampung bagian dari layanannya dan kemudian kita ubah domain gratisan tersebut menjadi domain khusus alias berbayar.

Cara membuat website sendiri dengan blogspot

Berikut kita akan mencoba menulis bagaimana cara membuat website dengan menumpang hosting pada server google.
1. Kita ketik Daftar Blog di Google maka akan muncul link untuk menuju pendaftaran, selanjutnya klik pada link tersebut maka kita akan dibawa ke link pendaftaran

Cara Belajar Membuat Website Sendiri

2. Sesudah itu silahkan masuk ke link pendaftaran dan tinggal klik saja daftar yang ada disudut atas kanan

Cara Belajar Membuat Website Sendiri

3. Isi form yang sudah disediakan, jika form pendaftaran sudah diisi semua maka klik langkah berikutnya yang ada dibawah kanan
4. Maka akan diarahkan ke halaman berikutnya dan pada tahap ini kita sudah memiliki akun gmail dan alamat gmail yang diberikan itu nantinya yang dipakai untuk sign in blog, youtube, dll. Selanjutnya untuk menggunakan blog klik saja kembali ke blogger
5. Kemudian konfirmasi akun yang nantinya akan ditampilkan dihalaman blog kita, disitu ada pilihan akun google+ dan akun blog, bisa pilih salah satu sesuai keinginan kita
6. Selanjutnya klik Lanjutkan ke Blogger

Cara membuat website sendiri, Belajar membuat website

7. Sekarang tinggal kita tulis judul blog dan alamat blog kemudian klik buat blog
8. Selesai sudah membuat blog di blogspot tinggal kita membuat blog tersebut menjadi website atau mengubah menjadi domain sendiri

    Mengubah blog ke domain khusus

    Setelah membuat blog atau website gratis maka selanjutnya kita ingin mengubah nama domain blogspot menjadi domain sendiri. Berikut merupakan langkah-langkahnya :
    1. Silahkan kunjungi situs penyedia domain dan tentukan nama domain yang akan dijadikan untuk nama website Anda.
    2. Masuk ke Blogger.dan pilih blog untuk diperbarui.
    3. Di menu sebelah kiri, klik Setelan > Dasar > Publikasi.
    4. Di bawah domain saat ini, klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda silahkan masukkan URL Anda, termasuk www.
    5. Kemudian klik Simpan.
    6. Kesalahan akan muncul dengan dua CNAME.
    7. Kunjungi situs web pencatatan domain Anda dan cari DNS (Domain Name System - Sistem Nama Domain) atau setelan Server Nama di panel kontrol.
    8. Hapus entri CNAME yang ada.
    9. Masukkan CNAME yang disediakan dalam pesan kesalahan dan klik Simpan.
    10. Tunggu beberapa jam sampai setelan Anda diaktifkan, kemudian ikuti langkah 2-7 di atas.
    Nah, sampai disitu kita sudah mempunyai website sendiri dan tentunya dengan nama domain sendiri. Banyak pengguna internet saat ini sudah mempunyai website sendiri. Dalam membuat website ada sebagian netter membuat sendiri dan ada juga sebagian netter yang menggunakan jasa pembuat website. Penyedia jasa pembuat website saat ini sangat banyak kita temukan di internet. Mereka berlomba-lomba untuk mencari pelanggan baik itu dengan membuat iklan maupun melalui sharing ke media sosial.

    Tujuan penyedia jasa tersebut hanya ingin mendapat pelanggan yang lebih banyak dan juga untuk memberi tahu informasi kepada netter yang baru belajar membuat website sendiri. Sehingga dengan adanya layanan penyedia jasa pembuatan website maka mereka pemula akan memudahkan dalam mengembangkan bisnis mereka secara online.

    Salah satu penyedia layanan jasa pembuat website online yaitu Baba Studio. Baba Studio juga mempunyai beberapa Paket Kursus seperti : 
    1. Kursus Web Desain,
    2. Kursus Website,
    3. Kursus PHP,
    4. Kursus Internet Marketing,
    5. Kursus SEO,
    6. Kursus Animasi Drwing,
    7. Kursus Game,
    8. Kursus Desain Grafis,
    9. Kursus Komputer,
    10.Kursus Animasi Flash.

    Jika Anda belum benar-benar menguasai tentang website bisa belajar membuat website di Baba Studio. Karena Baba Studio sudah berpengalaman dalam mengembangkan alumninya untuk bisa menguasai hal-hal yang ada dalam mempelajari tentang website.

    Itulah sedikit ulasan mengenai cara membuat website sendiri dan belajar membuat website yang sudah ditulis di atas. Mungkin ini sedikit sekali tutorialnya karena keterbatasan penulis dalam hal kesempatan untuk menulis.

    Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terpercaya dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang serta Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran. Jangan lupa baca artikel terkait lainnya yaitu Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

    Komentar

    Postingan Populer