Cara Membuat Website Sendiri


Cara Membuat Website Sendiri

Cara Belajar Membuat Website Sendiri - Sekarang ini hampir semua orang pernah mendengar yang namanya website, terlebih bagi pengguna internet. Walaupun mereka tidak mempunyai website sendiri namun nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi netter. Saat ini belajar membuat website sudah sangat mudah dipelajari yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet. Dalam mempelajari tentang website tentunya banyak hal yang bisa dikuasai seperti bahasa pemograman, seperti mengenal kode HTML, Script, CSS, PHP, JavaScript dan sebagainya. Namun jika kita tidak memahami akan hal-hal tersebut maka kita bisa membuat website gratis dengan menggunakan hosting gratis seperti blogspot, wordpress, blogdetik, dan lain-lain.

Nah, dengan adanya penyedia hosting gratis maka kita tidak perlu lagi harus mengetahui seluk beluk ilmu pemograman, karena dengan kita mendaftarkan akun misalnya pada blogspot maka kita sudah mempunyai website sendiri. Namun dalam mendaftarkan akun kita harus sedikit paham bagaimana website itu digunakan dan untuk apa kita membuat website. Sebenarnya untuk memahami hal-hal yang ada dalam mempelajari website itu tidak mesti kita harus pintar tetapi jika kita sering-sering mencoba mengutak-atik komputer maka lama-lama kita akan bisa sendiri.

Baca juga : Cara Belajar Membuat Website Sendiri

Sering kita baca-baca di dalam blog atau website yang tampil aktif dalam mengelola website bukanlah semua orang yang berpendidikan tinggi melainkan ada sebagian orang yang memahami tentang seluk-beluk website yaitu mereka yang tidak pernah duduk di bangku kuliah, dan ada juga yang tidak tamat SMA. Oleh karena itu, ketrampilan merupakan salah satu penyebab orang menguasai tentang hal-hal yang ada di dalam diri website. Kemungkinan orang-orang tersebut belajar membuat website di internet dengan cara mencari solusi di google.


Persiapan dalam membuat website sendiri

Adapun persiapan yang perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin belajar membuat website yaitu komputer (laptop) dan jaringan internet. Dalam menyiapkan jaringan internet perlu diperhatikan jaringan seluler mana yang cocok untuk digunakan. Usahakan mencari kartu atau paket internet yang bagus jaringannya dan juga kalau ada yang murah lagi. Memang bisnis penyedia kartu paket tentunya sangat pintar kalau jaringan kartu selulernya bagus maka harga pun ikut bagus alias mahal. Begitu sebaliknya jika harga kartu murah maka jaringannya juga ikutan sama harganya yaitu ikut lemot.

#Pertama, Menentukan tema website
Jika ingin membuat sebuah website maka terlebih dahulu ditentukan tema sehingga akan memudahkan kita dalam membuat/mengisi konten di halaman website nantinya. Biasanya untuk menentukan tema pada website dilakukan sesuai dengan hobi penulis website tersebut. Menentukan tema sangat diperlukan untuk perkembangan website kita nantinya karena jika tema yang kita pilih merupakan kata yang banyak diketik di mesin pencarian maka ada kemungkinan website kita akan dibanjiri pengunjung. Namun, ini tidak berlaku untuk mereka yang ingin mempromosi organisasi atau bisnis tertentu yang mungkin merupakan bisnis yang sedang dijalankan. Dalam hal penentuan tema bisa di coba menggunakan layanan yang disediakan oleh google yaitu Google Adwords Keyword Planner. Layanan ini berfungsi untuk meriset kata kunci yang sering di ketik oleh orang pada mesin pencari. Selain itu kita bisa juga mengetahui berapa kunjungan rata-rata menurut kata kunci sehingga memudahkan kita dalam memilih tema untuk dijadikan sebuah website. Google Adwords sebenarnya disediakan bagi pengiklan yang ingin menggunakan kata kunci yang cocok untuk mempromosi iklan mereka.

#Kedua, Mencari dan mengorder nama domain
Setelah menentukan tema, maka selanjutnya kita menentukan nama domain dan kemudian order domain tersebut. Untuk mengorder nama domain kita bisa mencari situs yang menyediakan hosting dan nama domain di internet. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan tersebut saat ini. Setelah menemukan situs penyedia maka tentukan nama domain yang SEO Friendly. Cara menentukan yang ramah SEO yaitu memilih nama domain yang ada hubungannya dengan tema website, misalnya kita ingin membuat website tentang "Paket Traveling Murah" maka domain bisa kita memilih travelingmurah.com dan seterusnya.

#Ketiga, Menyewa hosting
Hosting merupakan server/tempat penyimpanan data website yang bisa dibaca oleh setiap orang secara online. Untuk menyewa hosting biasanya lebih mahal dibandingkan dengan menyewa domain. Nah, bagi Anda yang tidak ingin menyewa hosting boleh juga namun kita tetap hosting di server situs lain, misalnya untuk hosting yang disediakan oleh google yaitu blogspot. Dengan demikian, jika kita tidak menyewa hosting maka akan menghematkan uang sedikit.

#Keempat, Memilih CMS
CMS atau Content Management System merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola sebuah website atau dengan kata lain halaman admin pemilik website sehingga kita bisa login dan mengatur seperti tampilan, warna, tata letak widget dan sebagainya. Adapun CMS yang banyak digunakan saat ini yaitu blogspot dan wordpress. Selain keduanya masih banyak yang lain namun kurang dipakai oleh pengguna internet. Kedua CMS ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

#Kelima, Memilih template
Dalam memilih template tentunya kita harus bisa memilih template yang SEO Friendly. Selain itu, template yang digunakan sebaiknya template dengan tampilan yang sederhana karena tampilan sederhana juga berpengaruh pada SEO.

Membangun Website

Setelah membuat website sendiri kini saatnya kita membangunnya dengan beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan. Hal yang utama untuk membangun website yaitu menulis artikel. Dalam menulis artikel juga perlu teknik supaya artikelnya lebih SEO Friendly. Dengan cara menulis artikel di dalam website dan menggunakan teknik SEO maka artikel kita nantinya akan muncul di halaman pertama google. Jika artikel kita muncul di halaman pertama google maka jumlah visitor/pengunjung pun akan bertambah, karena pengunjung website sebagian besar berasal dari mesin pencari.

Optimasi Website

Website sudah kita punya dan artikel pun sudah di isi, maka tahap selanjutnya kita perlu melakukan optimasi atau disebut juga dengan perawatan situs. Dalam mengoptimasi website juga sangat membutuhkan waktu, karena jarang sekali website yang baru dibuat langsung mendapat peringkat pertama di mesin pencari seperti google. Sebagai contoh optimasi yang dimaksudkan disini yaitu mencari backlink dari situs-situs lain. Backlink yaitu tautan situs atau link situs lain yang mengarah ke dalam situs kita. Untuk mencari backlink disarankan mencari backlink yang berkualitas karena kualitas backlink yang di dapatkan sangat berpengaruh untuk ranking website di mesin pencari semisal google.


Memang dalam mengelola atau membuat website sendiri sangat sulit dipahami jika kita masih pemula. Namun hal tersebut akan sedikit hilang jika kita sering-sering mengutak-atik komputer. Banyak pemilik website yang juga merupakan lulusan sekolah TIK namun ada juga yang hanya tidak masuk ke jurusan tersebut juga bisa membuat website sendiri dengan mudah, karena mereka belajarnya di internet. Selain itu bagi Anda yang ingin belajar membuat website sendiri bisa memilih jasa dari Baba Studio, karena Baba Studio juga melayani Anda untuk belajar seputar website. Adapun Baba Studio juga mempunyai beberapa Paket Kursus seperti :
Kursus Web Desain
Kursus Website
Kursus PHP
Kursus Internet Marketing
Kursus SEO
Kursus Animasi Drawing
Kursus Game
Kursus Desain Grafis
Kursus Komputer
Kursus Animasi Flash

Nah, disitu Anda bisa mempelajari lebih mendalam mengenai website sehingga Anda akan lebih mudah dalam membuat website sendiri. Baba Studio sudah berpengalaman sehingga mereka sudah mempunyai banyak alumni. Namun jika Anda tidak mau menggunakan layanan dari Baba Studio maka Anda bisa belajar sedikit demi sedikit bagaimana cara membuat website sendiri.

Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terpercaya dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang serta Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran.
Sumber : http://kliknet.wagomu.id/e9052.html Jangan lupa baca artikel terkait lainnya yaitu Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer