Belajar Membuat Website

Belajar Membuat Website - Sebelumnya membuat website sendiri maka kita harus mengetahui  apa itu website serta istilah-istilah yang sering digunakan dalam pembuatan website. Berikut ini kita akan mengurai panjang lebar mengenai cara membuat website sendiri mengingat saat ini sudah hampir semua pengguna  internet sudah memiliki website sendiri.

Apa itu Website?

Website berasal dari bahasa Inggris yaitu Web artinya Web dan Site berarti situs. Sehingga kedua kata tersebut digabungkan menjadi situs web. Situs web atau website ini sering disingkat dengan istilah situs ini merupakan kumpulan halaman web yang memiliki tema saling terkait. Dalam situs ini terdiri dari tulisan, gambar, video dan berkas lainnya.

Website ini juga merupakan sebuah alamat yang berada di internet sehingga orang dapat mengetahui informasi tentang seseorang melalui website. Itu karena website bisa dijadikan tempat berbagi informasi, tutorial, tanggapan bahkan banyak orang membuat website sebagai sarana promosi produk mereka.

Situs Web yang terhubung dengan jaringan pertama muncul yaitu sekitar tahun 1991. Adapun sebuah halaman web merupakan sebuah berkas yang ditulis dengan teks biasa atau plain text yang diatur dan dikombinasikan dengan instruksi-instruksi berbasis HTML (XHTML).


Belajar Membuat Website HTML

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat website.  Menggunakan tag untuk mendeklarasikan sesuatu dan tag tersebut tidak ditampilkan tetapi tag tersebut memberi tahu browser bagaimana cara menampilkan dokumen website. Serta dapat saling berhubungan dengan dokumen HTML lain yang dikenal dengan istilah link. Jika ingin mengetahui dasar-dasar HTML silahkan baca Kode - Kode Dasar HTML.

Suatu halaman website sebenarnya hanya sebuah halaman teks, jika anda menggunakan browser internet explorer dan anda mengklik view - source, maka anda dapat melihat teks dari web tersebut. Tetapi teks tersebut diterjemahkan oleh browser menjadi halaman website yang enak dilihat. Teks merupakan bahasa universal bagi komputer, yang berarti setiap dokumen teks (termasuk website) yang anda buat melalui Windows dapat dibaca di sistem perasi lain seperti Mac OS, Linux, Unix dan lainnya.


Jenis-jenis Website

Adapun jenis website secara garis besar itu terbagi dalam tiga jenis, antara lain :
1. Website statis merupakan website yang isinya tidak untuk diperbarui secara berkala, maka isi dari situs ini dilakukan dengan manual.

2. Website dinamis merupakan website yang dapat diperbarui isinya secara berkala. Situs yang umumnya mengimplementasikan jenis ini yaitu situs yang berisakan berita sehingga isinya kemungkinan berubah dalam periode tertentu.

3. Website interaktif merupakan website yang bersifat interaktif yang juga dikenal dengan nama website generasi 2.0 (web 2.0). Jenis website ini bisa digunakan oleh masing-masing user untuk memberikan komentar, ide dan lain-lain. Adapun contoh website interaktif yaitu web yang berbasis forum atau komunitas, anatara lain seperti facebook, twitter, google plus dan sebagainya.


Fungsi Belajar Membuat Website Sendiri

Sebagian dari fungsi dari sebuah website yaitu untuk menginformasikan aktifitas baik itu dari pemilik website itu sendiri maupun bukan. Selain itu, sebuah website memiliki fungsi untuk menambah wawasan bagi para pembaca dan penulis/pemilik website itu sendiri.

Dengan adanya website maka bagi para pembisnis akan lebih mudah memperkenalkan produknya bagi orang yang ada di berbagai belahan dunia. Begitu juga bagi instasi pemerintah dan intansi kegiatan belajar seperti sekolah dan universitas akan mudah dalam menginformasikan pengumuman bagi pelajar.

Setelah mengetahui apa itu website, serta jenis dan fungsi dari website maka kita akan mengurai bagaimana untuk membuat website sendiri dengan mudah. Dalam uraian ini kita akan belajar membuat website gratis dengan blogspot. Nah, untuk membuat website gratis dengan blogspot silahkan membaca Cara Membuat Blog / Website Gartis.

Menyewa domain sendiri

Setalah website gratis sudah jadi, maka selanjutnya kita menentukan nama domain dan kemudian order domain tersebut. Untuk mengorder nama domain kita bisa mencari situs yang menyediakan hosting dan nama domain di internet. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan tersebut saat ini. Setelah menemukan situs penyedia maka tentukan nama domain yang SEO Friendly. Cara menentukan yang ramah SEO yaitu memilih nama domain yang ada hubungannya dengan tema website, misalnya kita ingin membuat website tentang "Paket Traveling Murah" maka domain bisa kita memilih travelingmurah.com dan seterusnya.

Menyewa hosting

Hosting merupakan server/tempat penyimpanan data website yang bisa dibaca oleh setiap orang secara online. Untuk menyewa hosting biasanya lebih mahal dibandingkan dengan menyewa domain. Nah, bagi Anda yang tidak ingin menyewa hosting boleh juga namun kita tetap hosting di server situs lain, misalnya untuk hosting yang disediakan oleh google yaitu blogspot. Dengan demikian, jika kita tidak menyewa hosting maka akan menghematkan uang sedikit.

Nah, itu Cara Membuat Website Sendiri yang dapat kita tulis kali ini. Untuk mengetahui artikel lain yaitu silahkan baca Cara Belajar Membuat Website Sendiri.

Baca juga artikel review yang telah dipublikasikan mengenai Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terpercaya dari Ra21 Atjeh. Anda bisa membaca juga artikel terkait lainnya yaitu Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya Di Indonesia dan Tips Memilih Jasa EKspedisi Pengiriman Barang serta Cara Mengatasi Anyang - Anyangan dengan Uri-Cran. Jangan lupa baca artikel terkait lainnya yaitu Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak.

Komentar

Postingan Populer